Abstract:
Pada jaman sekarang ini banyak perusahaan kreatif yang bergerak di bidang bar dan resto terutama di Kota Bandung dan Jakarta. Dalam melakukan pemasaran, mereka memiliki keunikan masing masing untuk menarik target pasar mereka. Perky Pedro adalah bar dan resto yang bertemakan mexico yang terletak di Bandung. Bar & resto ini menjual makanan dan minuman khas mexico seperti tacho, nachos, dan burito. Bar & resto ini melakukan sales promotion untuk menarik target pasar yang dituju dan juga meningkatkan penjualan tiap bulannya. Bar & resto ini ingin terus meningkatkan penjualannya sehingga mereka memilih menggunakan sales promotion untuk meningkatkan niat beli ulang. Namun berdasarkan strategi pemasaran yang telah dilakukan, masih banyak konsumen yang tidak melakukan pembelian ulang. Oleh sebab itu dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai alasan mengapa konsumen tidak melakukan pembelian ulang. Penulis melakukan penelitian mengenai pengaruh sales promotion terhadap niat beli ulang yang dilakukan di Perky Pedro. Perky Pedro menggunakan sales promotion sesuai teori Kotler (2012) melalui faktor-faktor: sampel, kupon, potongan harga, kontes dan hadiah. Penulis menganalisa pengaruh dari setiap faktor sales promotion terhadap niat beli ulang menggunakan metode regresi linear berganda. Penelitian yang penulis lakukan menggunakan metode kuantitatif untuk menguji hipotesis penulis. Penelitian dilakukan terhadap 100 sample yang merupakan konsumen Perky Pedro dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sales promotion mempengaruhi niat beli ulang konsumen. Menurut konsumen sales promotion yang dilakukan Perky Pedro dinilai baik, karena konsumen tertarik dengan sales promotion yang dilakukan Perky Pedro. Berdasarkan hasil riset 76,4% niat beli ulang dipengaruhi oleh sales promotion yang dilakukan di Perky Pedro seperti sampel, kupon, potongan harga, kontes dan hadiah. 23,6% lainnya merupakan kontribusi dari variabel lain. Penulis menyarankan agar Perky Pedro memperbaiki sales promotion khususnya pada sampel produk, kupon, kontes atau games dan hadiah yang diberikan kepada konsumen. Perky Pedro juga sebaiknya meningkatkan intensitas pemasaran melalui media sosial.