Analisis tingkat efisiensi relatif tiga cabang toko handphone CV. X di Bandung menggunakan metode data envelopment analysis

Show simple item record

dc.contributor.advisor Fernando
dc.contributor.author Valensia
dc.date.accessioned 2021-09-08T06:20:23Z
dc.date.available 2021-09-08T06:20:23Z
dc.date.issued 2021
dc.identifier.other skp40871
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/12299
dc.description 24256 - FE en_US
dc.description.abstract Perkembangan yang pesat di era digital saat ini pada internet dan juga teknologi telepon seluler membuat seluruh perusahaan yang bergerak di bidang ini diharuskan untuk meningkatkan competitive advantage. Terlebih lagi kondisi saat ini yang sedang dilanda oleh seluruh penjuru dunia, yaitu pandemi COVID-19 membuat seluruh perusahaan berlomba-lomba untuk memenangkan persaingan agar tetap dapat bertahan di masa sulit. Strategi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan keunggulan bersaing perusahaan dengan menerapkan kerja yang efektif dan efisien. Efisiensi diperlukan bagi perusahaan sebagai acuan untuk mengukur keberhasilan dari besarnya sumber atau biaya dengan tujuan mencapai hasil dari kegiatan yang dilakukan. Penelitian ini dilakukan pada ketiga Cabang Toko CV. X dengan menggunakan bantuan software POM-QM for Windows versi 5.2. Target setting dilakukan untuk meningkatkan efisiensi pada cabang yang belum optimal dengan cara mengubah jumlah input atau output. Terdapat dua kondisi perhitungan target setting yang dilakukan pada cabang yang belum optimal, yaitu kondisi normal dan kondisi terdampak pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakan metode Data Envelopment Analysis (DEA). Data yang digunakan untuk input adalah jumlah tenaga kerja, biaya tenaga kerja, luas area toko, dan biaya operasional. Sedangkan untuk output data yang digunakan adalah jumlah transaksi unit di setiap cabang. Data diperoleh langsung dari dokumen perusahaan dari periode bulan Mei 2019 – Maret 2020 dan bulan Juli 2020. Saran yang didapatkan berdasarkan hasil dari penelitian adalah diharapkan Cabang dari CV. X dapat mempertahankan kinerjanya yang sudah cukup baik dan untuk cabang yang kurang baik dapat melakukan perbaikan sehingga di waktu yang akan datang akan menjadi lebih baik. Untuk cabang yang kurang baik di keadaan normal maupun di keadaan terdampak pandemi COVID-19 dapat mengurangi jumlah input atau menambah jumlah output agar dapat meningkatkan tingkat efisiensi cabang. Diharapkan untuk cabang yang belum optimal dapat mengalokasikan tenaga kerja ke cabang yang lebih membutuhkan, mengurangi biaya tenaga kerja, memberikan fasilitas untuk konsumen, dan mengurangi jumlah biaya operasional. Sebaiknya CV. X tidak memberlakukan PHK karena dapat meningkatkan stress pada tenaga kerja dan ditakutkan akan berdampak pada kompetensi dan loyalitas tenaga kerja. Kedepannya CV. X dapat melakukan perhitungan tingkat efisiensi dengan metode DEA secara periodik agar dapat segera dilakukan perbaikan jika terjadi penurunan pada kinerja di setiap cabang. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject Data Envelopment Analysis en_US
dc.subject efisiens en_US
dc.subject efisiensi relatif en_US
dc.subject toko retail en_US
dc.subject target setting en_US
dc.title Analisis tingkat efisiensi relatif tiga cabang toko handphone CV. X di Bandung menggunakan metode data envelopment analysis en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2017120103
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0427028402
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI603#Manajemen


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account