Abstract:
Industri makanan dan minuman merupakan salah satu dari lima sektor prioritas dalam peta Making Indonesia 4.0. Seiring dengan peningkatan positif yang terus diberikan oleh industri tersebut, para pebisnis dituntut untuk terus berinovasi, termasuk Gooma Tea Bar. Gooma Tea Bar merupakan sebuah gerai minuman yang didirikan pada tahun 2018 dan hingga sekarang sudah memiliki enam outlet yang tersebar di Bandung dan Jakarta. Gooma Tea Bar pertama kali membuka outlet-nya di Paris Van Java Mall, tetapi gerai minuman di sana sering kali terlihat sepi oleh pengunjung ketika gerai minuman sekitar ramai. Berdasarkan fenomena tersebut, maka dari itu penulis memutuskan memilih Gooma Tea Bar sebagai objek penelitian dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil preliminary research kepada 20 responden yang pernah mencoba produk Gooma Tea Bar PVJ, 4 dari 20 responden tidak ingin membelinya kembali. Penulis mendapatkan hasil bahwa responden menilai food quality dan harga Gooma Tea Bar PVJ masih kurang baik dibandingkan dengan para pesaingnya yang menjual produk sejenis.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara food quality dan harga terhadap niat beli ulang konsumen Gooma Tea Bar PVJ. Variabel Independen (X) pada penelitian ini adalah food quality dan harga, sedangkan variabel dependen (Y) dalam penelitian ini adalah niat beli ulang.
Penelitian ini termasuk applied research dan dilakukan dengan metode deskriptif dan eksplanatory. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan non-probability sampling yaitu judgement sampling, lalu survey kuesioner dibagikan kepada 120 responden yang pernah membeli dan mencoba produk Gooma Tea Bar PVJ. Setelah terkumpul, data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda.
Hasil penelitian dengan menggunakan analisis deskriptif menunjukkan bahwa food quality Gooma Tea Bar PVJ masih cukup baik, tetapi harga Gooma Tea Bar PVJ tergolong kurang baik, sehingga berdampak pada niat beli ulangnya yang tergolong rendah. Sedangkan hasil analisis regresi linear berganda menunjukkan bahwa adanya pengaruh positif dan signifikan atas harga (X2) terhadap niat beli ulang (Y) Gooma Tea Bar PVJ dengan besar kontribusi variabel independen (X) terhadap variabel dependen (Y) sebesar 26,8%.