Pengaruh Electronic Word of Mouth (E-WOM) pada media Google My Business terhadap niat beli di Toko Optik Bhineka Semarang

Show simple item record

dc.contributor.advisor Istiharini
dc.contributor.author Hartono, Abiyoso
dc.date.accessioned 2021-08-12T21:15:38Z
dc.date.available 2021-08-12T21:15:38Z
dc.date.issued 2021
dc.identifier.other skp40890
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/12132
dc.description 24275 - FE en_US
dc.description.abstract Perkembangan teknologi membuat konsumen dapat mencari informasi secara mudah melalui perangkat pintar. Konsumen mencari informasi secara mendetail sebelum melakukan pembelian dan membandingkan dengan kebutuhan mereka. Salah satu media yang menyediakan ulasan dan juga informasi adalah Google my Business. Optik Bhineka menggunakna media Google my Business ini untuk menyebarkan informasi miliknya. Informasi seperti jenis layanan, produk yang tersedia, alamat dan tampak depan toko, nomor telepon, ulasan pelanggan, dan sebagainya. Hal tersebut menjadikan ulasan pelanggan sebagai salah satu e-WOM yang sangat efektif. Peneliti ingin mengetahui seberapa besar pengaruh e-WOM di media Google my Business teradap niat beli Optik Bhineka. Variabel dari penelitian ini terdiri dari variabel bebas (X) yaitu mengenai e-WOM yang terdiri dari 4 variabel yaitu intensitas, konten, pendapat positif, dan pendapat negatif. Sedangkan variabel terikatnya (Y) adalah Niat Beli. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif yang memiliki sifat explanatory. Penelitian dilakukan dengan cara membagikan kuesioner kepada 117 orang yang pernah mengunjungi Optik Bhineka Semarang. Selain itu penelitian juga dilakukan dengan regresi linier untuk mengetahui pengaruh dari intensitas (X1), konten (X2), pendapat positif (X3), dan pendapat negatif (X4) terhadap niat beli (Y). Dari hasil pengolahan data yang sudah ada, diperoleh jika tanggapan responden terhadap e-WOM milik Optik Bhineka sudah baik untuk variabel intensitas, konten, dan pendapat positif. Sedangkan untuk pendapat negatif masih kurang baik. Hal tersebut dikarenakan jumlah ulasan negatif yang terlalu sedikit sehingga responden tidak dapat membandingkan hasil review positif dengan negatifnya. Selain itu setelah dilakukan penelitian, variabel e-WOM juga berpengaruh positif secara parsial terhadap variabel Niat Beli. Variabel yang berpengaruh terhadap niat beli adalah intensitas, pendapat positif, dan pendapat negatif. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject e-WOM en_US
dc.subject niat beli en_US
dc.subject ulasan en_US
dc.title Pengaruh Electronic Word of Mouth (E-WOM) pada media Google My Business terhadap niat beli di Toko Optik Bhineka Semarang en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2016120187
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0428047902
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI603#Manajemen


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account