Abstract:
Perkembangan teknologi membuat konsumen dapat mencari informasi secara mudah melalui perangkat pintar. Konsumen mencari informasi secara mendetail sebelum melakukan pembelian dan membandingkan dengan kebutuhan mereka. Salah satu media yang menyediakan ulasan dan juga informasi adalah Google my Business. Optik Bhineka menggunakna media Google my Business ini untuk menyebarkan informasi miliknya. Informasi seperti jenis layanan, produk yang tersedia, alamat dan tampak depan toko, nomor telepon, ulasan pelanggan, dan sebagainya. Hal tersebut menjadikan ulasan pelanggan sebagai salah satu e-WOM yang sangat efektif. Peneliti ingin mengetahui seberapa besar pengaruh e-WOM di media Google my Business teradap niat beli Optik Bhineka.
Variabel dari penelitian ini terdiri dari variabel bebas (X) yaitu mengenai e-WOM yang terdiri dari 4 variabel yaitu intensitas, konten, pendapat positif, dan pendapat negatif. Sedangkan variabel terikatnya (Y) adalah Niat Beli. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif yang memiliki sifat explanatory. Penelitian dilakukan dengan cara membagikan kuesioner kepada 117 orang yang pernah mengunjungi Optik Bhineka Semarang. Selain itu penelitian juga dilakukan dengan regresi linier untuk mengetahui pengaruh dari intensitas (X1), konten (X2), pendapat positif (X3), dan pendapat negatif (X4) terhadap niat beli (Y).
Dari hasil pengolahan data yang sudah ada, diperoleh jika tanggapan responden terhadap e-WOM milik Optik Bhineka sudah baik untuk variabel intensitas, konten, dan pendapat positif. Sedangkan untuk pendapat negatif masih kurang baik. Hal tersebut dikarenakan jumlah ulasan negatif yang terlalu sedikit sehingga responden tidak dapat membandingkan hasil review positif dengan negatifnya. Selain itu setelah dilakukan penelitian, variabel e-WOM juga berpengaruh positif secara parsial terhadap variabel Niat Beli. Variabel yang berpengaruh terhadap niat beli adalah intensitas, pendapat positif, dan pendapat negatif.