Analisis pengaruh advertising, sales promotion, dan public relation terhadap brand awareness pada Traveloka dan Mister Aladin

Show simple item record

dc.contributor.advisor Istiharini
dc.contributor.author Rosifah, Putri Khairunnisa
dc.date.accessioned 2021-08-10T22:32:09Z
dc.date.available 2021-08-10T22:32:09Z
dc.date.issued 2021
dc.identifier.other skp40892
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/12120
dc.description 24277 - FE en_US
dc.description.abstract Indonesia merupakan negara dengan pertumbuhan e-commerce yang cepat dan jasa yang paling banyak digunakan di dalamnya adalah travel. Contoh pelaku bisnis travel e-commerce yang ada di Indonesia adalah Traveloka dan Mister Aladin. Keduanya menyediakan produk atau layanan yang hampir serupa namun beberapa data menunjukkan bahwa posisi keduanya di dalam industri jauh berbeda. Sebuah hasil riset tentang travel e-commerce menunjukkan bahwa Traveloka berada pada posisi top of mind dan menjadi brand yang mampu menarik banyak perhatian karena kegiatan promosi yang dilakukan. Berdasarkan hal ini, dilakukan preliminary research kepada 20 orang yang mengetahui tentang travel e-commerce. Hasilnya menunjukkan bahwa Mister Aladin masih kurang dikenal dan digunakan oleh masyarakat serta ketertarikan masyarakat lebih tertuju pada Traveloka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh advertising, sales promotion, dan public relation terhadap brand awareness pada Traveloka dan Mister Aladin. Variabel bebas (X) yang digunakan dalam penelitian ini adalah advertising (X1), sales promotion (X2), dan public relation (X3) sedangkan variabel terikat (Y) yang digunakan dalam penelitian ini adalah brand awareness. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan metode deskriptif. Pada penelitian ini, teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, studi literatur, dan penyebaran kuesioner kepada 104 orang responden yang mengetahui Traveloka dan Mister Aladin serta pernah melihat kegiatan advertising, sales promotion, dan public relation yang dilakukan oleh Traveloka dan Mister Aladin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel advertising, sales promotion, dan public relation memiliki pengaruh positif secara simultan dan parsial terhadap variabel brand awareness pada Traveloka. Untuk Mister Aladin, variabel advertising, sales promotion, dan public relation juga berpengaruh positif secara simultan terhadap variabel brand awareness. Namun secara parsial, hanya dua variabel yaitu advertising dan public relation yang memiliki pengaruh positif terhadap brand awareness pada Mister Aladin. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject Advertising en_US
dc.subject Sales Promotion en_US
dc.subject Public Relation en_US
dc.subject Brand Awareness en_US
dc.subject Traveloka en_US
dc.subject Mister Aladin en_US
dc.title Analisis pengaruh advertising, sales promotion, dan public relation terhadap brand awareness pada Traveloka dan Mister Aladin en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2016120163
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0428047902
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI603#Manajemen


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account