Abstract:
Indonesia merupakan negara dengan pertumbuhan e-commerce yang cepat dan jasa yang paling banyak digunakan di dalamnya adalah travel. Contoh pelaku bisnis travel e-commerce yang ada di Indonesia adalah Traveloka dan Mister Aladin. Keduanya menyediakan produk atau layanan yang hampir serupa namun beberapa data menunjukkan bahwa posisi keduanya di dalam industri jauh berbeda. Sebuah hasil riset tentang travel e-commerce menunjukkan bahwa Traveloka berada pada posisi top of mind dan menjadi brand yang mampu menarik banyak perhatian karena kegiatan promosi yang dilakukan. Berdasarkan hal ini, dilakukan preliminary research kepada 20 orang yang mengetahui tentang travel e-commerce. Hasilnya menunjukkan bahwa Mister Aladin masih kurang dikenal dan digunakan oleh masyarakat serta ketertarikan masyarakat lebih tertuju pada Traveloka.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh advertising, sales promotion, dan public relation terhadap brand awareness pada Traveloka dan Mister Aladin. Variabel bebas (X) yang digunakan dalam penelitian ini adalah advertising (X1), sales promotion (X2), dan public relation (X3) sedangkan variabel terikat (Y) yang digunakan dalam penelitian ini adalah brand awareness.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan metode deskriptif. Pada penelitian ini, teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, studi literatur, dan penyebaran kuesioner kepada 104 orang responden yang mengetahui Traveloka dan Mister Aladin serta pernah melihat kegiatan advertising, sales promotion, dan public relation yang dilakukan oleh Traveloka dan Mister Aladin.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel advertising, sales promotion, dan public relation memiliki pengaruh positif secara simultan dan parsial terhadap variabel brand awareness pada Traveloka. Untuk Mister Aladin, variabel advertising, sales promotion, dan public relation juga berpengaruh positif secara simultan terhadap variabel brand awareness. Namun secara parsial, hanya dua variabel yaitu advertising dan public relation yang memiliki pengaruh positif terhadap brand awareness pada Mister Aladin.