Abstract:
Industri makanan merupakan salah satu sektor andalan yang menjadi penopang
pertumbuhan manufaktur dan ekonomi nasional di Indonesia. Texas Fried Chicken adalah
waralaba yang bergerak dalam usaha restoran cepat saji ayam goreng. Di Indonesia Texas
Chicken dimiliki oleh PT. Cipta Selera Murni berkedudukan di Jakarta yang memperoleh
hak waralaba tunggal dari Cajun Operating Company (COC) sebuah badan usaha pemilik
kelompok waralaba yang berkedudukan di Atlanta, Amerika Serikat. Texas Fried Chicken
hadir di Indonesia sejak April 1984. Gerai pertama Texas Fried Chicken bermula dari
restoran pertamanya di daerah Pasar Baru, Jakarta. Texas Fried Chicken berhasil
melakukan ekspansi ke seluruh wilayah di Indonesia. Texas Fried Chicken juga sempat
diisukan bangkrut pada tahun 2000-an, namun sekarang Texas Fried Chicken kembali hadir
dengan konsep yang baru untuk konsumen.
Keunggulan bersaing dari sebuah perusahaan seperti pemilihan strategi pemasaran
yang tepat diperlukan agar dapat tetap menjadi pilihan utama konsumen dalam mengambil
sebuah keputusan. Salah satunya adalah strategi rebranding yang dilakukan oleh Texas
Fried Chicken yang mendorong penulis untuk melakukan penelitian terhadap rebranding
yang berdampak pada niat beli ulang konsumen Texas Fried Chicken. Karena dari unsurunsur
rebranding yang dilakukan akan berdampak secara positif terhadap pembelian
kembali oleh para konsumen.
Penulis kemudian melakukan penelitian dengan mengumpulkan data dan
mengolah data secara kuantitatif dengan metode analisis deskriptif serta analisis regresi
linear sederhana. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner kepada
100 responden yang pernah membeli produk Texas Fried Chicken. Penulis berharap
dengan melakukan pengolahan data dari kuesioner, penulis dapat melihat pengaruh
rebranding yang dilakukan oleh Texas Fried Chicken terhadap niat beli ulang konsumen.
Berdasarkan hasil analisis deskriptif penulis menyimpulkan bahwa konsumen
memiliki persepsi yang cukup baik terhadap produk Texas Fried Chicken. Hal ini
berpengaruh terhadap niat beli ulang konsumen terhadap produk Texas Fried Chicken.
Berdasarkan hasil analisis regresi sederhana, diperoleh kesimpulan bahwa rebranding
memiliki pengaruh terhadap niat beli ulang konsumen. Saran dari penulis berdasarkan
penelitian bagi Texas Fried Chicken adalah melakukan promosi lebih banyak lagi melalui
media cetak maupun media elektronik, agar konsumen dapat mengetahui variasi produk
terbaru dari Texas Fried Chicken.