Abstract:
Meokja Korean BBQ merupakan salah satu restoran berkonsep Korea yang berdi1i pada
tahun 2018 dan berlokasi di Jalan Ciumbuleuit, Bandung. Restoran ini menawarkan
makanan khas Korea dengan hidangan utamanya yaitu menu grill.
Dalam mengelola sebuah restoran Korean BBQ, terdapat strategi yang
perlu dilakukan untuk tetap bertahan dan berkembang. Salah satunya dengan merniliki
competitive advantage terutama padafood quality yang disajikan. Selainfood quality, store
atmosphere juga menjadi hal yang krusial. Belakangan ini perilaku konsumen dalam
memilih restoran berubah. Store atmosphere yang baik menjadi pertimbangan konsumen
dalam memilih restoran.
Berbeda dengan tren korea yang sedang meningkat serta restoran korean
yang banyak digemari, Meokja Korean BBQ justru terlihat sepi pengunjung. Penulis
menemukan bahwa fenomena itu disebabkan oleh persepsi konsumen at as food quality dan
store atmosphere, yang pada akhimya mempengaruhi niat beli ulang konsumen di Meokja
Korean BBQ.
Penelitian ini menggtmakan rancangan survey dengan membagikan
kuesioner kepada 100 responden yang pemah mengunjungi Meokja Korean BBQ. Untuk
mengetahui apakah terdapat pengaruh antara variabel food quality dan store atmosphere
terhadap niat beli ulang, maka dilakukan uji regresi linear berganda
Penulis mendapatkan basil penelitian bahwa food quality dan store
atmosphere berpengaruh terhadap niat beli ulang dengan pengaruh food quality sebesar
0,77 dan pengaruh store atmosphere sebesar 0,438 dengan kontribusifood quality dan store
atmosphere sebesar 52,5% terhadap niat beli ulang.
Berdasarkan penelitian tersebut, penulis mendapat kesimpulan bahwa food quality dan
store atmosphere merniliki pengaruh positif terhadap niat beli ulang konsumen di Meokja
Korean BBQ. Saran yang dapat diberikan terhadap objek penelitian dalam segifood quality
yaitu meningkatkan tingkat rasa bumbu marinasi dan menyesuaikan standart racikan
bumbu kimchi dan memperhatikan kualitas daging. Adapun saran untuk store atmosphere
antara lain, memperbaiki tampilan papan nama sehingga terlihat menarik, serta mengatur
pencahayaan dan temperatur yang baik agar konsumen merasa nyaman.