Abstract:
Indonesia tengah berada pada era revolusi industri keempat atau yang biasa kita kenal dengan industry 4.0. Akibatnya perkembangan teknologi pun semakin pesat dan tak terbendung. Perkembangan teknologi ini menghasilkan berbagai macam inovasi-inovasi baru yang semakin memudahkan manusia dalam memenuhi kebutuhan mereka sehari-hari. Salah satu inovasi yang tercipta akibat perkembangan teknologi adalah transportasi online. Kemunculan transportasi online ini benar-benar dirasakan manfaatnya oleh manusia, kebutuhan mobilitas yang tadinya sulit dipenuhi sekarang menjadi sangat mudah terpenuhi. Melihat pertumbuhan industri transportasi online yang juga begitu cepat membuat beberapa orang memberanikan diri untuk terjun ke industri ini. Sekarang, telah banyak perusahaan transportasi online yang bermunculan di Indonesia dan khususnya yang ada di Kota Bandung.
Kendati demikian, tidak semua perusahaan transportasi online tersebut dapat dikatakan berhasil dalam menjalankan bisnisnya. Berdasarkan data, ada 2 perusahaan transportasi online yang memegang pangsa pasar tertinggi di Indonesia, yaitu Gojek dan Grab, sedangkan sisanya hanya menguasai sangat sedikit dari pangsa pasar yang di Indonesia. Meskipun beberapa dari perusahaan transportasi online tersebut sudah muncul dengan beberapa inovasi dan harga yang lebih murah, tetap saja belum bisa menggeser kekuatan persaingan 2 perusahaan raksasa tersebut. Mengapa demikian? Maka dari itu, penelitiakan mencari tahu faktor-faktor apa saja yang dianggap penting dan memengaruhi keputusan konsumen dalam memilih transportasi online yang akan mereka gunakan.
Berdasarkan tujuan yang hendak dicapai penelitian ini bersifat applied research karena hasil dari penelitian ini akan digunakan sebagai suatu solusi atas permasalahan yang ada dan metode yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah exploratory research. Teknik pengumpulan data akan dilakukan dengan 2 (dua) metode, yaitu studi literatur dan depth interview.
Hasil dari penelitian ini akan menunjukkan faktor-faktor apa saja yang dianggap penting oleh kategori-kategori berdasarkan perbedaan pandangan dari masing-masing kategori yang akan disajikan dalam bentuk tabel dan dijelaskan secara kualitatif.