Abstract:
Meningkatnya kepemilikan sepeda motor berbanding lurus dengan
peningkatan kebutuhan akan suku cadang dan layanan. Menyebabkan mulai menjamurnya
bengkel motor di Bandung, yang juga di dominasi oleh perusahaan besar layaknya Yamaha
dan Honda. Hal ini tentu merupakan ancaman bagi sesame bengkel motor, salah satunya
bagi Bengkel Motor “X” yang terletak di Bandung Selatan. Dalam memenangkan
persaingan perusahaan perlu memiliki keunggulan kompetitif yang dapat membedakan
bisnis dengan sejenisnya.
Masalah yang diteliti adalah tingginya persaingan menyebabkan
terjadinya penurun pendapatan Bengkel Motor “X” dan bahkan stagnan, ditakutkan
keadaan keuangan bisnis akan semakin memburuk di masa yang akan datang.
Metode yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah metode
deskriptif. Pengumpulan data akan dilakukan dengan tiga metode, yaitu studi literatur,
wawancara mendalam, dan penelitian lapangan. Tujuannya untuk mengetahui bagaimana
strategi yang telah dijalankan dan keadaan serta lingkungan internal dan eksternal bisnis
menggunakan PEST, Porter’s Five Forces, dan juga analisis SWOT untuk menghasilkan
strategi bersaing yang tepat bagi perusahaan.
Hasil penelitian menunjukkan adanya beberapa kekuatan, kelemahan,
peluang, dan ancaman yang dihadapi oleh Bengkel Motor “X” yang akan disajikan dalam
bentuk tabel dan dijelaskan secara kualitatif.