Pengaruh promosi penjualan terhadap pembelian impulsif pengguna dompet digital Dana

Show simple item record

dc.contributor.advisor Istiharini
dc.contributor.author Priscila, Valerie DeltI
dc.date.accessioned 2021-08-03T06:43:50Z
dc.date.available 2021-08-03T06:43:50Z
dc.date.issued 2020
dc.identifier.other skp40205
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/11993
dc.description 24029 - FE en_US
dc.description.abstract Perkembangan teknologi di era globalisasi ini mempermudah masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya adalah perkembangan dompet digital di era modern ini. Masyarakat saat ini mulai terbiasa melakukan pembayaran tanpa uang fisik, melainkan menggunakan dompet digital yang dapat diakses dengan mudah dan aman. Di Indonesia sendiri terdapat 38 dompet digital yang telah mendapat lisensi resmi yang tercatat pada data Bank Indonesia. Dengan banyaknya dompet digital yang bermunculan pastinya membuat persaingan cukup ketat. Setiap dompet digital berusaha untuk menarik masyarakat mengunduh dan melakukan tranksaksi menggunakan dompet digital yang disediakan oleh perusahaan masing-masing. Begitu juga dengan dompet digital DANA garapan anak bangsa. Perusahaan dompet digital DANA melakukan promosi penjualan yang besar-besaran namun dirinya masih menempati peringkat tiga pada jumlah pengguna dompet digital di tahun 2019. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh promosi penjualan terhadap pembelian impulsif yang dilakukan oleh DANA. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan analisis linier berganda untuk melihat pengaruhnya terhadap pembelian impulsif. Metode sampling yang digunakan adalah judgemental sampling dengan kriteria orang pernah bertransaksi menggunakan dompet digital DANA saat sedang ada promosi, dan mahasiswa yang tengah menempuh pendidikan sarjana. Hal ini dikarenakan pada usia muda termasuk di kalangan mahasiswa (usia 18 sampai 24 tahun) mempunyai perilaku pengeluaran yang berisiko atau tidak bertanggung jawab mengacu pada pengeluaran yang tidak mempertimbangkan jangka panjang konsekuensi dari mengadopsi kebiasaan belanja tertentu. Hasil dari analisis regresi linear ini memperlihatkan bahwa promosi penjualan dengan dimensi diskon harga dan display produk berpengaruh pada pembelian impulsif. Melalui hasil ini dapat menjadi bahan pertimbangan untuk melakukan improvisasi promosi penjualan terhadap pembelian impulsif dompet digital DANA. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject promosi penjualan en_US
dc.subject pembelian impulsif en_US
dc.title Pengaruh promosi penjualan terhadap pembelian impulsif pengguna dompet digital Dana en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2016120174
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0428047902
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI603#Manajemen


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account