Analisis pengaruh persepsi konsumen atas price dan brand extension pada aplikasi transportasi online Go-Jek dan Grab terhadap brand preference

Show simple item record

dc.contributor.advisor Wardhono, V.J. Wisnu
dc.contributor.author Purbo, Savira Tiarasari
dc.date.accessioned 2021-08-03T06:39:41Z
dc.date.available 2021-08-03T06:39:41Z
dc.date.issued 2020
dc.identifier.other skp40206
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/11992
dc.description 24030 - FE en_US
dc.description.abstract Perusahaan start up digital semakin meningkat jumlahnya di Indonesia. Layanan transportasi digital berbasis panggil online sebagai salah satu bentuk start up digital berkembang dari tahun ke tahun. Go-Jek dan Grab sebagai dua aplikasi transportasi online yang bersaing ketat dalam sektor bisnisnya merupakan dua perusahaan yang menjadi kegemaran masyarakat Indonesia. Hal tersebut membuat konsumen lebih memilih salah satu dari perusahaan tersebut. Penulis melakukan observasi langsung dan wawancara kepada pengguna aplikasi Go-Jek dan Grab. Melalui preliminary research terhadap 9 orang. Diketahui 9 orang responden lebih sering menggunakan Go-Jek untuk kebutuhan sehari-hari karena dianggap lebih praktis dan layanan lebih banyak yang dapat digunakan. Akan tetapi, 5 dari 9 responden mengatakan harga juga menjadi pertimbangan konsumen dalam memilih aplikasi yang akan digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi konsumen atas price dan brand extension pada aplikasi transportasi online Go-Jrk dan Grab terhadap brand preference. Variabel bebas (X) yang digunakan dalam penelitian ini adalah price Go-Jek (X11), price Grab (X12), brand extension Go-Jek (X21), dan brand extension Grab (X22). Sedangkan variable terikat (Y) yang digunakan adalah brand preference. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan explanatory research. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, studi literatur, dan penyebaran kuisioner terhadap 100 responden dengan menggunakan metode judgement sampling dimana responden merupakan sampel dari populasi orangorang yang pernah menggunakan kedua aplikasi Go-Jek dan Grab. Hasil dari penelitian ini menunjukan persepsi konsumen atas variable price dan brand extension Go-Jek dan Grab berpengaruh signifikan secara simultan maupun parsial terhadap brand preference sebesar 73,2%. Penulis menyarankan agar Grab meninjau kembali harga yang sesuai dengan layanan yang ditawarkan, serta mempertimbangkan melakukan inovasi produk baru. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject Persepsi en_US
dc.subject Price en_US
dc.subject Brand Extension en_US
dc.subject Brand Preference en_US
dc.title Analisis pengaruh persepsi konsumen atas price dan brand extension pada aplikasi transportasi online Go-Jek dan Grab terhadap brand preference en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2016120173
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0411105802
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI603#Manajemen


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account