Abstract:
Pendahuluan - Informasi yang tersebar luas akan membuat konsumen sering mengalami
kesulitan dalam pencarian produk di internet (Prasetya, 2017). Hal ini dapat membuat
konsumen menjadi kehilangan pegangan mengenai informasi yang diinginkan atau
dibutuhkan. Agar konsumen dapat dengan mudah untuk memilih produk secara cepat dan
tepat, rekomendasi produk dapat menjadi salah satu cara untuk membantu konsumen. Salah
satu online shopping mall Indonesia yang menyediakan rekomendasi produk adalah
Blibli.com. Data yang diolah di Blibli.com akan digunakan untuk menentukan perlakukan
yang akan diberikan kepada konsumen, dan jejak pecarian yang ditelusuri oleh konsumen
pada setiap barang yang dicari akan diterjemahkan sebagai karakter konsumen tersebut.
Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara
rekomendasi produk Blibli.com terhadap kepuasan konsumen dalam pencarian produk.
Variabel bebas (X) pada penelitian ini adalah rekomendasi produk, dengan sub-variabel
terdiri dari accuracy, discovery, convincing connection, voluntary participation, user
control, dan redundancy. Variabel terikat (Y) dalam penelitian ini adalah kepuasan
konsumen dalam pencarian produk.
Metode Penelitian - Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi
linear berganda. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan
penyebaran kuesioner. Sampel yang dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner sebanyak
120 responden.
Temuan - Kesimpulan yang didapat yaitu dimensi accuracy, discovery, dan convincing
connection memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen dalam
pencarian produk. Dimensi voluntary participation, user control, dan redundancy memiliki
pengaruh yang tidak signifikan terhadap kepuasan konsumen dalam pencarian produk.
Hubungan antar variabel independen dengan variabel dependen sebesar 72,9%, dapat
diambil kesimpulan bahwa hubungan antara variabel independen dengan variabel
dependen sangat kuat.