Abstract:
Sinema dan arsitektur adalah dua media seni yang bergantung pada beberapa indera
manusia untuk memberikan pengalaman dan mendefinisi ruang dibandingkan medium
lainnya. Kedua medium mencoba untuk menunjukan dan meyakinkan penonton film atau
pengguna arsitektur yang menikmatinya sebagai karya seni bahwa nilai kualitas akan
semakin tinggi jika karya tersebut semakin mendekati realita secara fisik.
Namun arsitektur menggunakan visual tapi cenderung kurang memiliki nuansa yang
memiliki emosi. Sehingga, bangunan meninggalkan kita sebagai penonton tanpa menarik
untuk membuat orang ikut berpartisipasi secara emosional. Dari sinema untuk arsitektur
dapat dipertemukan pemikiran kondisi tematik arsitektur dengan distudi secara konseptual,
kontekstual, arsitektonis, dan teknis.
Film Ave Maryam (2020) merupakan film yang mengambil lokasi syuting di Kota
Semarang, dan Kompleks Susteran St. Fransiskus menjadi setting utama yang menarik
untuk di studi. Dari tiap adegannya dapat memaparkan ruang dengan jelas dan komposisi
visual untuk menyampaikan pengalaman ruang yang kuat. Berangkat dari pendekatan pada
sinema yang paralel dengan arsitektur sehingga penonton pun dapat mengalami ruang
diluar pengalaman arsitektur yang formal.
Tujuan studi ini adalah untuk mengidentifikasi tema sinematik yang dapat dibahas
dan merekonstruksi ruang sinematik tersebut sebagai pencarian pemahaman potensi dan
makna sinematik pada Kompleks Susteran St. Fransiskus berdasarkan film Ave Maryam
(2020). Dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif, dari data yang didapatkan
dengan studi literatur dan observasi film. Diperoleh kesimpulan bahwa pendekatanpendekatan
yang ada pada arsitektur dan sinema pada film Ave Maryam dapat
diinterpretasikan untuk membangun konsep yang mencapai keindahan dan pengalaman
yang dialami pada arsitektur seperti saat menonton film tersebut.