Abstract:
Industri telekomunikasi merupakan industri yang sangat berkembang saat ini seiring dengan
perkembangan teknologi seperti maraknya penggunaan internet, sosial media, dan aplikasiaplikasi
digital yang dapat digunakan pada perangkat smartphone, notebook ataupun personal
computer (PC). Industri ini pun memiliki kontribusi bagi negara Indonesia. Hal ini yang
memunculkan persaingan antar perusahaan telekomunikasi untuk dapat menjadi yang terbaik bagi
masyarakat.
Persaingan antar perusahaan telekomunikasi lainnya di Indonesia membuat Telkom harus
mempersiapkan sumber daya manusianya yaitu karyawan sebagai modal utama dalam
menjalankan usahanya. Hal yang menjadi perhatian oleh Telkom dalam persaingan ini yaitu faktor
dari employee performance. Kinerja karyawan yang baik akan meningkatkan kinerja organisasi.
Di sisi lain, karyawan pun dalam bekerja membutuhkan kepuasan kerja ketika menjalani
pekerjaannya. Oleh karena itu, tingkat kepuasan kerja karyawan menjadi hal yang sama
pentingnya dengan kinerja karyawan, apabila karyawan tidak puas dengan pekerjannya, komitmen
dalam bekerja mereka akan berkurang. Kepuasan kerja yang tinggi menghasilkan sikap positif
karyawan terhadap pekerjaannya, begitu pun sebaliknya.
Penelitian ini menggunakan metode explanatory research. Jenis dari penelitian ini adalah
deskriptif untuk menggambarkan karakteristik yang ada terkait pengaruh job satisfaction dan
employee performance. Pengolahan data dilakukan dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan
data menggunakan kuesioner kepada 100 karyawan Divisi Direktorat Keuangan Telkom.
Hasil dari pengolahan data adalah job satisfaction berpengaruh positif dan signifikan
terhadap employee performance. Hal ini berarti setiap peningkatan job satisfaction akan
menyebabkan peningkatan pada employee performance. Berdasarkan jawaban responden, job
satisfaction berada pada kategori tinggi dan employee performance berada pada kategori sangat
tinggi.