Abstract:
Bisnis keluarga memiliki pengaruh yang cukup signifikan pada
perekonomian di Indonesia, hampir 90% nya merupakan bisnis keluarga. Saat ini,
salah satu industri bisnis keluarga yang sedang bertumbuh secara cepat adalah
industri makanan dan minuman. Restoran S adalah salah satu bisnis keluarga yang
bergerak dalam industri makanan dan minuman. Restoran S memiliki beberapa
masalah dalam melakukan kegiatan pemasaran di mana saat sudah melakukan
promosi, kenaikan penjualan yang diperoleh kurang signifikan sehingga
penjualannya tidak stabil.
Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis tingkat efektivitas dalam
kegiatan pemasaran, menyusun rencana alternatif dan mengukur kinerja keuangan
Restoran S. Metode penelitian yang digunakan yaitu analisis deskriptif eksploratif
dengan analisis SWOT. Untuk mencapai kesimpulan SWOT dan mengetahui
rencana pemasaran yang tepat untuk Restoran S maka dilakukan analisis
lingkungan internal menggunakan IFAS dan lingkungan eksternal menggunakan
EFAS. Analisis SWOT ini dibantu dengan EPIC Model untuk mengukur efektivitas
iklan dan rasio profitabilitas untuk mengukur kinerja keuangan.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan dalam diagram SWOT
Restoran S berada pada kuadran II dimana walaupun menghadapi berbagai
ancaman, Restoran S masih mempunyai kekuatan dari segi internal sehingga
rencana yang dapat diterapkan adalah diversifikasi. Hasil yang didapatkan dari
EPIC Model adalah 2,71. Hal tersebut menjelaskan bahwa iklan yang dilakukan
sudah cukup efektif tetapi belum maksimal dalam memanfaatkan media sosial
untuk melakukan kegiatan pemasaran. Sedangkan untuk hasil dari rasio
profitabilitas adalah secara marjin laba kotor Restoran S mengalami peningkatan
tetapi secara marjin laba bersih mengalami penurunan. Artinya, kemampuan
restoran S dalam menghasilkan laba masih kurang stabil.