Analisis pengaruh kepuasan atas price, product, dan physical evidence terhadap customer loyalty juicide Juice Bar

Show simple item record

dc.contributor.advisor Anggawidjaja, Agus Hasan Pura
dc.contributor.author Subagja, Ananda Budi
dc.date.accessioned 2021-07-29T08:10:36Z
dc.date.available 2021-07-29T08:10:36Z
dc.date.issued 2020
dc.identifier.other skp40231
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/11917
dc.description 24055 - FE en_US
dc.description.abstract Meningkatnya tren gaya hidup sehat di kota-kota besar khususnya di Bandung, membuat persaingan industri kuliner terutama di sektor makanan dan minuman sehat semakin ketat. Juicide Juice Bar adalah kedai jus yang berdiri sejak tahun 2011 dan merupakan salah satu usaha yang mengikuti tren pada sektor industri kuliner tersebut. Namun, selama lima tahun terakhir Juicide Juice Bar terus mengalami penurunan penjualan. Penulis melakukan observasi langsung dan wawancara pada pemilik kedai dan mendapatkan bahwa Juicide Juice Bar memiliki pengunjung yang sedikit. Melalui preliminary research terhadap 20 responden diketahui 15 diantaranya pernah menjadikan Juicide Juice Bar sebagai pilihan utama untuk membeli produk jus buah. Akan tetapi, saat ini hanya 8 yang masih memilih Juicide Juice Bar, sedangkan sisanya memilih kedai jus atau tempat lain. Hal ini menunjukkan Juicide Juice Bar memiliki loyalitas pelanggan yang kurang baik. Penulis kemudian melakukan penelitian lebih lanjut terhadap 12 responden yang saat ini memilih kedai jus lain dan mendapatkan permasalahan yang terjadi karena kurangnya kepuasan pada price, product, dan physical evidence dimana ketiga aspek tersebut termasuk kedalam bauran pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepuasan atas Price, Product, dan Physical Evidence terhadap Customer Loyalty Juicide Juice Bar. Variabel bebas (X) yang digunakan dalam penelitian ini adalah Price (X1), Product (X2), dan Physical Evidence (X3). Sedangkan variabel terikat (Y) yang digunakan adalah Customer Loyalty. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan explanatory research. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, studi literatur, dan penyebaran kuesioner kepada 100 responden dengan menggunakan metode convenience sampling dimana responden merupakan sampel dari populasi orang-orang di Bandung yang mengetahui, pernah mengunjungi, dan pernah menjadi pelanggan Juicide Juice Bar. Hasil dari penelitian ini menunjukan kepuasan atas variabel Price, Product, dan Physical Evidence berpengaruh signifikan secara simultan maupun parsial terhadap Customer Loyalty Juicide Juice Bar. Besar kontribusi pengaruh ketiga variabel tersebut terhadap Customer Loyalty sebesar 40,2%. Penulis menyarankan agar Juicide Juice Bar meninjau kembali harga yang ditawarkan, menjaga konsistensi dan ketersediaan produk, dan juga membarui eksterior dan interior agar lebih nyaman dan menarik. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject Kepuasan en_US
dc.subject Price en_US
dc.subject Product en_US
dc.subject Physical Evidence en_US
dc.subject Customer Loyalty en_US
dc.title Analisis pengaruh kepuasan atas price, product, dan physical evidence terhadap customer loyalty juicide Juice Bar en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2016120116
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0404115401
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI603#Manajemen


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account