Abstract:
Meningkatnya tren gaya hidup sehat di kota-kota besar khususnya di Bandung, membuat
persaingan industri kuliner terutama di sektor makanan dan minuman sehat semakin ketat.
Juicide Juice Bar adalah kedai jus yang berdiri sejak tahun 2011 dan merupakan salah satu
usaha yang mengikuti tren pada sektor industri kuliner tersebut. Namun, selama lima tahun
terakhir Juicide Juice Bar terus mengalami penurunan penjualan. Penulis melakukan
observasi langsung dan wawancara pada pemilik kedai dan mendapatkan bahwa Juicide
Juice Bar memiliki pengunjung yang sedikit. Melalui preliminary research terhadap 20
responden diketahui 15 diantaranya pernah menjadikan Juicide Juice Bar sebagai pilihan
utama untuk membeli produk jus buah. Akan tetapi, saat ini hanya 8 yang masih memilih
Juicide Juice Bar, sedangkan sisanya memilih kedai jus atau tempat lain. Hal ini
menunjukkan Juicide Juice Bar memiliki loyalitas pelanggan yang kurang baik. Penulis
kemudian melakukan penelitian lebih lanjut terhadap 12 responden yang saat ini memilih
kedai jus lain dan mendapatkan permasalahan yang terjadi karena kurangnya kepuasan
pada price, product, dan physical evidence dimana ketiga aspek tersebut termasuk kedalam
bauran pemasaran.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepuasan atas Price,
Product, dan Physical Evidence terhadap Customer Loyalty Juicide Juice Bar. Variabel
bebas (X) yang digunakan dalam penelitian ini adalah Price (X1), Product (X2), dan
Physical Evidence (X3). Sedangkan variabel terikat (Y) yang digunakan adalah Customer
Loyalty.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif
dan explanatory research. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara,
observasi, studi literatur, dan penyebaran kuesioner kepada 100 responden dengan
menggunakan metode convenience sampling dimana responden merupakan sampel dari
populasi orang-orang di Bandung yang mengetahui, pernah mengunjungi, dan pernah
menjadi pelanggan Juicide Juice Bar.
Hasil dari penelitian ini menunjukan kepuasan atas variabel Price,
Product, dan Physical Evidence berpengaruh signifikan secara simultan maupun parsial
terhadap Customer Loyalty Juicide Juice Bar. Besar kontribusi pengaruh ketiga variabel
tersebut terhadap Customer Loyalty sebesar 40,2%. Penulis menyarankan agar Juicide
Juice Bar meninjau kembali harga yang ditawarkan, menjaga konsistensi dan ketersediaan
produk, dan juga membarui eksterior dan interior agar lebih nyaman dan menarik.