Pengaruh sales promotion dan electronic service quality terhadap brand preference : studi komparasi Ovo dan Dana di Kota Bandung

Show simple item record

dc.contributor.advisor Wardhono, V.J. Wisnu
dc.contributor.author Andjani, Livia Nabilla
dc.date.accessioned 2021-07-29T06:43:55Z
dc.date.available 2021-07-29T06:43:55Z
dc.date.issued 2020
dc.identifier.other skp40239
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/11906
dc.description 24063 - FE en_US
dc.description.abstract Seiring perubahan dan perkembangan zaman, keadaan perekonomian di Indonesia juga ikut mengalami perubahan. Perubahan ekonomi di Indonesia ke arah ekonomi digital semakin dirasakan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Perkembangan ekonomi digital mengalami peningkatan yang cukup pesat setiap tahunnya. Hal ini dibuktikan dengan semakin banyaknya perusahaan dalam bidang pembayaran elektronik atau yang biasa disebut e-payment. Semakin banyaknya perusahaan e-payment yang bermunculan di Indonesia, membuat persaingan antar perusahaan ini semakin ketat. Berdasarkan data Bank Indonesia, transaksi dalam pembayaran elektronik tumbuh pesat dalam 10 tahun terakhir dan diperkirakan akan terus tumbuh dengan pesat setiap tahunnya. Melihat banyaknya aplikasi e-payment di Indonesia, penulis melakukan preliminary research kepada responden yang aktif menggunakan e-payment dalam keseharian mereka. Berdasarkan hasil preliminary research yang penulis lakukan, didapatkan hasil bahwa OVO merupakan aplikasi e-payment yang paling banyak digunakan dan aplikasi e-payment DANA merupakan aplikasi yang paling jarang bahkan sudah tidak dipakai lagi. Penulis melakukan penelitian lebih lanjut dan didapatkan permasalahan bahwa sales promotion dan electronic service quality pada aplikasi DANA dianggap kurang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sales promotion dan electronic service quality terhadap brand preference. Variable bebas (X) yang digunakan dalam penelitian ini adalah sales promotion (X1) dan electronic service quality (X2). Sedangkan variable terikat (Y) yang digunakan adalah brand preference. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah verifikatif dan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, studi literatur, dan penyebaran keusioner kepada 117 responden dengan menggunakan purposive sampling yaitu mengambil sampel berdasarkan kriteria khusus yang ditentukan oleh peneliti, kriteria dalam penyebaran kuesioner ini adalah responden yang masih atau pernah menggunakan e-payment OVO dan DANA di Kota Bandung. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa baik sales promotion maupun electronic service quality memiliki pengaruh yang signifikan terhadap brand preference. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject Sales Promotion en_US
dc.subject Electronic Service Quality en_US
dc.subject Brand Preference en_US
dc.title Pengaruh sales promotion dan electronic service quality terhadap brand preference : studi komparasi Ovo dan Dana di Kota Bandung en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2016120092
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0411105802
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI603#Manajemen


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account