Abstract:
Seiring perubahan dan perkembangan zaman, keadaan perekonomian di Indonesia juga ikut mengalami perubahan. Perubahan ekonomi di Indonesia ke arah ekonomi digital semakin dirasakan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Perkembangan ekonomi digital mengalami peningkatan yang cukup pesat setiap tahunnya. Hal ini dibuktikan dengan semakin banyaknya perusahaan dalam bidang pembayaran elektronik atau yang biasa disebut e-payment. Semakin banyaknya perusahaan e-payment yang bermunculan di Indonesia, membuat persaingan antar perusahaan ini semakin ketat. Berdasarkan data Bank Indonesia, transaksi dalam pembayaran elektronik tumbuh pesat dalam 10 tahun terakhir dan diperkirakan akan terus tumbuh dengan pesat setiap tahunnya. Melihat banyaknya aplikasi e-payment di Indonesia, penulis melakukan preliminary research kepada responden yang aktif menggunakan e-payment dalam keseharian mereka. Berdasarkan hasil preliminary research yang penulis lakukan, didapatkan hasil bahwa OVO merupakan aplikasi e-payment yang paling banyak digunakan dan aplikasi e-payment DANA merupakan aplikasi yang paling jarang bahkan sudah tidak dipakai lagi. Penulis melakukan penelitian lebih lanjut dan didapatkan permasalahan bahwa sales promotion dan electronic service quality pada aplikasi DANA dianggap kurang baik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sales promotion dan electronic service quality terhadap brand preference. Variable bebas (X) yang digunakan dalam penelitian ini adalah sales promotion (X1) dan electronic service quality (X2). Sedangkan variable terikat (Y) yang digunakan adalah brand preference.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah verifikatif dan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, studi literatur, dan penyebaran keusioner kepada 117 responden dengan menggunakan purposive sampling yaitu mengambil sampel berdasarkan kriteria khusus yang ditentukan oleh peneliti, kriteria dalam penyebaran kuesioner ini adalah responden yang masih atau pernah menggunakan e-payment OVO dan DANA di Kota Bandung.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa baik sales promotion maupun electronic service quality memiliki pengaruh yang signifikan terhadap brand preference.