Analisis pengaruh iklan, promosi penjualan, dan citra merk terhadap niat menabung di Bank Syariah Bukopin di Kota Bandung

Show simple item record

dc.contributor.advisor Istiharini
dc.contributor.author Waskito, Sanjoyo
dc.date.accessioned 2021-07-29T06:23:45Z
dc.date.available 2021-07-29T06:23:45Z
dc.date.issued 2020
dc.identifier.other skp40241
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/11902
dc.description 24065 - FE en_US
dc.description.abstract Sejak berdirinya Bank Muamalat Indonesia sebagai bank syariah pertama di Indonesia pada tahun 1991, industri perbankan syariah terus menarik peminat baru setiap tahunnya. Seiring dengan meningkatnya permintaan, muncul juga penawaran-penawaran berbentuk bank syariah yang baru. Salah satu bank syariah yang sudah eksis adalah Bank Syariah Bukopin yang mulai beroperasi sebagai bank umum berdasarkan prinsip syariah pada tahun 2008. Industri perbankan syariah terus berkembang secara perlahan dari tahun ke tahun. Dalam kurun waktu lima tahun terakhir, industri mengalami pertumbuhan asset sebesar 65 persen. Sayangnya, diketahui melalui Annual Report tahun 2018, Bank Syariah Bukopin mengalami penurunan asset, pendapatan, dan laba. Melalui preliminary research kepada 60 orang yang menggunakan produk perbankan, penulis menemukan bahwa Bank Syariah Bukopin tidak ada di top of mind satupun responden. Tidak ada satupun yang terpikirkan Bank Syariah Bukopin sebagai bank yang ada di benak mereka ketika mendengar kata “bank syariah”. Hanya 38 orang (63,3 persen) yang kemudian menjawab pernah mendengar merk Bank Syariah Bukopin. Ketika ditanya apa usaha promosi yang perlu dilakukan oleh Bank Syariah Bukopin, mayoritas menjawab iklan dan promosi penjualan. Penulis juga menanyakan pandangan terhadap bank syariah. Mayoritas merasa bank syariah masih sama saja dengan bank konvensional atau menganggap sistem perbankan syariah di Indonesia belum sepenuhnya sesuai dengan ajaran islam. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh iklan, promosi penjualan, dan citra merk terhadap niat menabung di Bank Syariah Bukopin. Variabel bebas (X) yang digunakan dalam penelitian ini adalah Iklan (X1), Promosi Penjualan (X2), dan Citra Merk (X3). Sedangkan variabel terikat (Y) yang digunakan dalam penelitian ini adalah Niat Menabung. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan eksplanatori. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, studi literatur, dan penyebaran kuesioner kepada 100 orang responden dengan metode judgement sampling, yaitu adalah orang-orang yang merupakan target dari Bank Syariah Bukopin. Hasil dari penelitian menunjukkan variabel iklan, promosi penjualan, dan citra merk memiliki pengaruh yang signifikan secara simultan terhadap niat menabung di Bank Syariah Bukopin. Secara parsial, hanya variabel iklan dan promosi penjualan yang memiliki pengaruh signifikan terhadap niat menabung di Bank Syariah Bukopin, sedangkan variabel citra merk tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap niat menabung di Bank Syariah Bukopin. Besar kontribusi pengaruh variabel iklan dan promosi penjualan terhadap variabel niat menabung adalah 45,1 persen. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject Iklan en_US
dc.subject Promosi Penjualan en_US
dc.subject Citra Merk en_US
dc.subject Niat Menabung en_US
dc.title Analisis pengaruh iklan, promosi penjualan, dan citra merk terhadap niat menabung di Bank Syariah Bukopin di Kota Bandung en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2016120089
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0428047902
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI603#Manajemen


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account