Abstract:
Cafe Bloom Coffee & Co adalah cafe yang menyediakan makanan dan minuman
kekinian seperti kopi dan makanan khas orang sunda seperti bebek dan ayam yang
mereka yakini merupakan salah satu makanan kegemaran dari orang Indonesia,
namun penulis menemukan fenomena bahwa orang lebih memilih Cafe Ceritera.
Penulis juga menemukan bahwa gejala itu disebabkan oleh persepsi konsumen
terhadap Food Quality dan General Interior yang dimiliki oleh Cafe Ceritera lebih
baik dari pada Cafe Bloom Coffee & Co.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, penulis mendapatkan hasil
bahwa Food Quality dan General Interior berpengaruh terhadap Brand Preference
dengan pengaruh Food Quality sebesar 0,227 dan pengaruh General Interior
sebesar 0,138 dengan kontribusi Food Quality dan General Interior sebesar 62,1%
terhadap Brand Preference.
Berdasarkan hal-hal tersebut, kesimpulan yang penulis dapat adalah
Food Quality dan General Interior memiliki pengaruh positif terhadap Brand
Preference dari Cafe Bloom Coffee & Co dan Cafe Ceritera. Saran yang dapat
diberikan oleh penulis dalam Food Quality penyesuaian standar normal untuk
ukuran porsi nasi dan pembuatan SOP untuk pembuatan setiap makanan,sedangkan
General Interior harus melakukan penyesuaian lampu cahaya yang baik agar tidak
terlalu mencolok datau menyilaukan mata.