Pengaruh advertising dan Word of Mouth terhadap brand awareness jasa transportasi online Anterin

Show simple item record

dc.contributor.advisor Anggawidjaja, Agus Hasan Pura
dc.contributor.author Carolina, Stacyana
dc.date.accessioned 2021-07-29T04:03:58Z
dc.date.available 2021-07-29T04:03:58Z
dc.date.issued 2020
dc.identifier.other skp40250
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/11889
dc.description 24074 - FE en_US
dc.description.abstract Anterin merupakan salah satu jasa transportasi online buatan lokal yang menggunakan sistem lelang harga pertama di dunia. Tidak hanya itu, Anterin juga membebaskan pengguna untuk memilih jenis kendaraan dan jenis kelamin pengemudi. Layanan yang tersedia juga hampir sama dengan pesaing besarnya, yaitu Go-Jek dan Grab. Pada akhir tahun 2018 silam, Anterin menargetkan 1 juta pengguna dan 300.000 mitra bisnis. Meski Anterin dinyatakan mengalami pertumbuhan pasar sebesar 50% setiap tahunnya, namun sampai saat ini Anterin belum dapat mencapai target tersebut. Pengemudi Anterin juga jarang mengangkut penumpang karena kurangnya permintaan layanan sehingga berdampak pada penghasilan mereka. Jasa transportasi online ini telah melakukan berbagai macam promosi agar brand ini lebih dikenal oleh masyarakat. Namun, terdapat beberapa masalah yang muncul, yaitu rendahnya aktivitas advertising dan word of mouth yang dilakukan oleh Anterin sehingga kurang menciptakan brand awareness. Kedua hal tersebut merupakan bagian dari dimensi promotion mix yang berfungsi untuk mengkomunikasikan nilai suatu produk kepada konsumen. Oleh karena itu, kegiatan advertising dan word of mouth sangat penting untuk dilakukan Anterin guna menginformasikan dan memperkenalkan layanan yang ditawarkan. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh advertising dan word of mouth terhadap brand awareness pada jasa transportasi online Anterin. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode explanatory research. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, studi literatur, dan membagikan kuesioner kepada 100 responden. Teknik pengambilan sampel ini menggunakan metode non-probabilistic sampling dimana responden merupakan masyarakat di Kota Bandung yang menggunakan jasa transportasi online dan merupakan target pasar dari Anterin. Teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan uji asumsi klasik dan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masyarakat memiliki persepsi yang kurang baik terhadap advertising dan word of mouth yang dilakukan oleh Anterin, sehingga berpengaruh terhadap rendahnya brand awareness dari Anterin. Dari hasil analisis regresi linear berganda, advertising dan word of mouth berpengaruh secara simultan terhadap brand awareness. Kedua variabel tersebut memiliki pengaruh sebesar 65% terhadap brand awareness dari Anterin sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, penulis menyarankan PT Anterin Digital Nusantara memperbaiki strategi periklanan dan word of mouth yang dilakukan dengan memfokuskan menggunakan platform digital seperti media sosial untuk mengkomunikasikan layanan yang ditawarkan agar lebih efektif dan efisien. Kegiatan periklanan juga harus dilakukan secara intens agar dapat meningkatkan brand awareness Anterin. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject advertising en_US
dc.subject word of mouth en_US
dc.subject brand awareness en_US
dc.title Pengaruh advertising dan Word of Mouth terhadap brand awareness jasa transportasi online Anterin en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2016120069
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0404115401
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI603#Manajemen


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account