Abstract:
Menurut data Badan Pusat Statistik, tingkat pengangguran di Indonesia masih cukup tinggi. Salah satu cara mengatasi pengangguran adalah menanamkan minat berwirausaha. Kreativitas dan penggunaan media sosial merupakan dua faktor yang dapat mempengaruhi minat berwirausaha. Universitas dapat menjadi tempat bagi para mahasiswa mengembangkan kreativitas serta menambah wawasan dalam pendidikan berwirausaha.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kreativitas dan penggunaan media sosial terhadap minat berwirausaha mahasiswa Universitas Katolik Parahyangan serta mencari tahu apakah terdapat perbedaan minat berwirausaha antara mahasiswa program studi Sarjana Manajemen UNPAR dengan program studi lain UNPAR. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis linear berganda untuk melihat bagaimana pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen dan uji beda untuk menguji hipotesis dua populasi yang berbeda dengan menggunakan SPSS.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan, kesimpulan yang didapat adalah kreativitas dan penggunaan media sosial memiliki pengaruh signifikan secara simultan dan parsial terhadap minat berwirausaha mahasiswa Universitas Katolik Parahyangan. Minat berwirausaha mahasiswa program studi Sarjana Manajemen UNPAR dengan program studi lain UNPAR pun tidak memiliki perbedaan yang siginifikan.