Pengaruh customer perceived value terhadap niat beli ulang sepatu Wakai

Show simple item record

dc.contributor.advisor Prasetya, Ivan
dc.contributor.author Cendana, Yuliana
dc.date.accessioned 2021-07-28T07:27:15Z
dc.date.available 2021-07-28T07:27:15Z
dc.date.issued 2020
dc.identifier.other skp40264
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/11857
dc.description 24088 - FE en_US
dc.description.abstract Wakai merupakan merek sepatu lokal Indonesia yang sempat menjadi trend pada tahun 2012 hingga 2014. Seiring dengan berjalannya waktu, Wakai mulai mengalami penurunan popularitas. Gerai yang terlihat sepi pengunjung dan pengguna sepatu Wakai yang semakin jarang ditemukan, mendorong penulis untuk melakukan penelitian pendahulu secara mendalam untuk mengetahui hal yang sebenarnya terjadi di lapangan. Berdasarkan kenyataan di lapangan dan hasil penelitian pendahulu, penulis mendapatkan gejala yang terobservasi yaitu “niat beli ulang sepatu Wakai rendah”. Hal tersebut timbul karena mayoritas konsumen merasa bahwa sepatu Wakai kurang worth-it. Oleh karena itu, penelitian ini diarakan untuk meneliti pengaruh customer perceived value terhadap niat beli ulang sepatu Wakai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui customer perceived value sepatu Wakai dan niat beli ulang konsumen terhadap sepatu Wakai serta pengaruh customer perceived value terhadap niat beli ulang sepatu Wakai. Penulis berharap hasil dari penelitian ini dapat memberikan evaluasi dan informasi tambahan kepada pihak Wakai untuk melakukan perbaikan dan pengembangan usaha sehingga merek Wakai dapat terus berkembang dan menjadi merek sepatu lokal Indonesia yang terkenal hingga ke mancanegara. Penelitian ini menganalisa dua variabel yaitu customer perceived value sebagai variabel independen dan niat beli ulang sebagai variabel dependen. Penulis menggunakan teori yang dikemukakan oleh Kotler dan Keller dan dipadukan dengan penelitian-penelitian terdahulu untuk menganalisa variabel customer perceived value. Penelitian ini merupakan applied research dengan menggunakan metode eksplanatori dan analisis data deskriptif. Untuk pengumpulan data responden, digunakan kuesioner yang disebarkan kepada 136 responden di Bandung dengan ketentuan bahwa individu tersebut sedang/pernah memakai sepatu Wakai. Kuesioner tersebut menggunakan google form dan disebarkan menggunakan personal chat melalui media sosial/aplikasi pengiriman pesan pada tanggal 13 Maret 2020 hingga 5 April. Hasil kuesioner tersebut dilakukan analisa secara kualitatif dan kuantitatif diantaranya uji asumsi klasik-normalitas, uji statistik F, uji statistik T, uji koefisien determinasi, dan analisa regresi sederhana Hasil dari penelitian ini adalah residu berdistribusi normal, variabel customer perceived value berkontribusi sebesar 17% terhadap niat beli ulang, customer perceived value memberikan pengaruh positif sebesar 0,599 terhadap niat beli ulang sepatu Wakai, niat beli ulang adalah 1,044 ketika customer perceived value sama dengan nol dan akan mengalami kenaikan sebesar 0,599 ketika customer perceived value naik 1 satuan. Akhirnya, penelitian ini mengajukan beberapa saran kepada pihak perusahaan Wakai untuk lebih memperluas pemasaran produk pada jenjang usia 16-35 tahun, meningkatkan kenyamanan dan kemudahaan penggunaan sebagai salah satu keunggulan Wakai, melakukan pengembangan produk secara berkala, mempertahankan kisaran harga sepatu agar sesuai dengan budget konsumen, melakukan pengembangan produk, mengadakan kegiatan promo pembelian pada momen tahunan, merancang program khusus member dan memperkenalkanya kepada masyarakat luas. Dengan begitu, diharapkan dapat meningkatkan customer perceived value dan niat beli ulang sepatu Wakai. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject customer perceived value en_US
dc.subject niat beli ulang en_US
dc.subject regresi linier sederhana en_US
dc.subject sepatu Wakai en_US
dc.title Pengaruh customer perceived value terhadap niat beli ulang sepatu Wakai en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2016120023
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0406088506
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI603#Manajemen


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account