Abstract:
Sejak dimulainya era globalisasi, banyak budaya-budaya dari luar Indonesia yang masuk ke Indonesia dimana salah satunya adalah budaya Korea. Salah satu budaya Korea yang berkembang pesat di Indonesia adalah kuliner Korea berupa Korean BBQ. Di Bandung sendiri, terdapat berbagai macam restoran Korean BBQ yang terus bermunculan dan saling bersaing diantaranya adalah Premium BBQ Yokiyo dan Maboo BBQ yang terletak berdekatan di daerah Mekar Wangi. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan penulis, didapatkan bahwa lebih banyak orang datang ke Maboo BBQ daripada Premium BBQ Yokiyo. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk melakukan penelitian lebih lanjut dengan mewawancarai 20 orang yang pernah makan di kedua tempat tersebut. Dari 20 orang tersebut, didapatkan bahwa sebanyak 16 orang lebih memilih Maboo BBQ daripada Premium BBQ Yokiyo. Hal ini disebabkan karena rasa, tekstur, dan porsi (food quality) Maboo BBQ lebih baik daripada Premium BBQ Yokiyo.
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh persepsi konsumen pada food quality terhadap niat beli ulang konsumen Premium BBQ Yokiyo dan Maboo BBQ. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan cara mengumpulkan data, mengolah data, dan menganalisa data secara kuantitatif. Pengumpulan data sendiri dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 113 responden yang pernah mengunjungi dan makan di restoran Premium BBQ Yokiyo dan Maboo BBQ dalam kurun waktu 3 bulan. Regresi linear sederhana digunakan untuk mengetahui pengaruh variabel independen (persepsi konsumen pada food quality) terhadap variabel dependen (niat beli ulang). Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi konsumen pada food quality berpengaruh positif terhadap niat beli ulang baik konsumen Premium BBQ Yokiyo maupun Maboo BBQ.