Abstract:
Pendahuluan - Masyarakat masih menaruh kepercayaan bahwa melakukan kunjungan dokter secara langsung lebih meyakinkan dan memiliki diagnosis yang lebih akurat dibandingkan dengan berkonsultasi online. Dengan keberadaan media baru sebagai akses kesehatan, kini media konsultasi medis terbagi menjadi dua yaitu, media konsultasi medis online dan offline. Hal tersebut menjadi pilihan bagi masyarakat untuk menentukan sikap dalam memilih media konsultasi yang mereka kehendaki.
Tujuan – Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang berdampak pada sikap pengguna Aplikasi Halodoc dalam memilih media konsultasi online dan offline.
Metode Penelitian - Berdasarkan tujuan yang ingin dicapai, penelitian ini bersifat penelitian terapan karena hasil dari penelitian ini digunakan sebagai solusi atas permasalahan yang ada. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif konfirmatori yang bertujuan untuk menganalisis data dengan cara mendeskripsikan atau menggambarkan data yang telah terkumpul sebagaimana adanya tanpa bermaksud membuat kesimpulan yang berlaku untuk umum atau generalisasi. Dan masih membutuhkan pegecekan kepada pihak-pihak terkait, hasilnya dipaparkan dalam bentuk laporan, dalam hal ini yaitu faktor-faktor yang menyebabkan sikap pengguna Aplikasi Halodoc memilih media konsultasi online dan offline. Disajikan dalam bentuk tabel dan dijelaskan secara kualitatif. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam. Populasi pengguna aktif Aplikasi Halodoc sebesar 8 juta pengguna. Sampel penelitian ini bersifat non-probability sampling dan menggunakan purposive sampling yang dilakukan kepada 24 narasumber.
Hasil penelitian – Dari penelitian ini, diperoleh faktor-faktor yang berdampak pada sikap pengguna Aplikasi Halodoc dalam memilih media konsultasi online dan offline, adapun kelima faktor yang dimaksud yaitu kenyamanan, pergeseran pola penyakit, hemat biaya, privasi, dan pendapat kedua.
Saran - Hasil penelitian ini bisa menjadi suatu hal penting yang dapat dijadikan pertimbangan bagi pihak perusahaan dalam mengembangkan dan memperbaiki pelayanan yang diberikan pada aplikasi Halodoc, khususnya layanan konsultasi dokter secara online.