Abstract:
Penelitian bertujuan untuk menganalisis penerapan strategi baru yang dikembangkan di dunia Human Resource dalam mendapatkan calon pekerja berkompeten dan dapat mempertahankan kandidat karyawan yang terdapat di dalam perusahaan, employer branding dan employee value proposition dianggap sebagai strategi dengan membentuk lingkungan kerja yang positif dan memiliki program yang berorientasi kepada karyawan. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui persepsi calon karyawan terhadap employer branding dan employee value proposition.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penielitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner terbuka, wawancara terstruktur, focus group discussion dan studi perpustakaan. Narasumber wawancara terstruktur adalah manager divisi Human Resource & General Affair, 10 perwakilan karyawan sebagai responden. PT Imora Motor bertempat di Jalan Pangeran Jayakarta no. 50 Jakarta Pusat dan calon karyawan yaitu mahasiswa manajemen UNPAR 2015 yang masih aktif.
Berdasarkan hasil penelitian bahwa PT Imora Motor memiliki lingkungan yang mendukung untuk berkembang serta memiliki budaya perusahaan yaitu kekeluargaan yang mendukung karyawan untuk meningkatkan produktivitas, hasil focus group discussion menunjukan bahwa faktor-faktor apa sajakah yang mempengaruhi dalam pemilihan tempat kerja. PT Imora Motor adalah satu-satunya main dealer di Jakarta yang saat ini telah sadar akan strategi employer branding dan membentuk employee value proposition dalam menarik dan mempertahankan karyawan yang berpotensi.