Abstract:
Bisnis coffee shop di Kota Bandung berkembang dengan pesat. Hal tersebut dipicu oleh
perpindahan gaya hidup masyarakat yang berada di Kota Bandung. Jumlah coffee shop
di Kota Bandung terbilang banyak karena dari tahun 2011 sampai tahun 2019, jumlah
coffee shop bertambah setiap tahunnya. Kopi Duro merupakan salah satu coffee shop di
Kota Bandung. Penulis melakukan observasi secara langsung, dimana pengunjung di
Kopi Duro berkurang dari waktu ke waktu. Ketika penulis mendapatkan data penjualan,
ternyata jumlah penjualan sedang menurun. Dari hasil preliminary research yang sudah
dilakukan, hanya 1 dari 19 responden yang berniat untuk membeli kembali di Kopi Duro.
Penulis melakukan penelitian lebih lanjut terhadap 19 responden dan mendapatkan
permasalahannya adalah responden tidak merasa puas dengan general interior yang ada
di Kopi Duro, sehingga tidak berniat untuk membeli kembali.
Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui kepuasan atas general interior
terhadap niat beli ulang konsumen pada Kopi Duro di Bandung. Vairabel independent
yang digunakan dalam penelitian ini adalah kepuasan atas general interior, sedangkan
variabel dependen yang digunakan adalah niat beli ulang.
Penelitian ini menggunakan analisis regresi linear sederhana. Populasi dalam
penelitian ini adalah pelajar dan pekerja di Kota Bandung yang pernah mengunjungi dan
mengkonsumsi makanan dan/atau minuman di Kopi Duro.Metode yang digunakan untuk
menentukan sampel adalah judgement sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100
responden.
Hasil penelitian menunjukan bahwa kepuasan atas general interior berpengaruh
signifikan terhadap niat beli ulang konsumen. Besarnya pengaruh dari variabel tersebut
adalah sebesar 0.819. Berdasarkan hasil analisis tersebut, didapati bahwa variabel
kepuasan atas general interior menentukan niat beli ulang pada Kopi Duro.