Abstract:
Pendahuluan- Di era globalisasi ini perkembangan teknologi informasi begitu cepat. Saat
ini hampir semua pekerjaan manusia membutuhkan komputer seperti pekerjaan kantoran,
pekerjaan desain hingga bermain video games. Untuk bermain video games dibutuhkan
kartu grafis yang berfungsi untuk menerjemahkan sinyal digital dari komputer menjadi
tampilan grafis pada layar monitor. Produsen kartu grafis untuk bermain video games hanya
2 yaitu Nvidia dan AMD ATI RADEON. Kartu grafis AMD merupakan pendatang baru
dalam dunia industri kartu grafis yang bertujuan untuk bersaing dengan Nvidia. Industri
kartu grafis yang semakin pesat menuntut kedua produsen untuk saling mengunguli satu
sama lain. Berdasarkan fenomena tersebut, objek penelitian yang diambil dalam penelitian
ini adalah kartu grafis AMD ATI RADEON.
Tujuan - Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh customer experience terhadap
loyalitas dari kartu grafis AMD ATI RADEON. Variabel yang digunakan adalah variabel
customer experience sebagai variabel independent (X) dan loyalitas konsumen sebagai
variabel dependen (Y). Variabel customer experience sendiri memiliki 5 subvariabel yaitu
sense, feel, think, act dan relate.
Metode Penelitian – Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah
explanatory research, pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, literature
review dan kuesioner yang disebar kepada 100 orang responden.Pengambilan sampel
dilakukan menggunakan metode judgement sampling yang target responden adalah
responden yang menggunakan laptop atau komputer untuk bermain video game dan pernah
menggunakan produk video card AMD maupun Nvidia. Teknik analisis data yang digunakan
yaitu Multiple Linier Regression untuk mengetahui pengaruh dari masing-masing dimensi
variabel customer experience terhadap loyalitas konsumen (X) customer experience
terhadap variabel dependen loyalitas konsumen.
Hasil Penelitian – Hasil penelitian ditemukan bahwa variabel sense, feel, think, act dan
relate pada customer experience secara bersama-sama berpengaruh terhadap loyalitas
konsumen. Secara parsial variabel feel dan think pada customer experience memiliki arah
pengaruh yang positif terhadap loyalitas konsumen, sedangkan sense, act dan relate tidak
berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen.