Analisis pengaruh tingkat kepuasan konsumen atas features, conformance quality, reliability, durability, dan performance terhadap niat beli ulang pembalut Softex

Show simple item record

dc.contributor.advisor Anggawidjaja, Agus Hasan Pura
dc.contributor.author Halim, Sasti
dc.date.accessioned 2021-07-27T06:47:08Z
dc.date.available 2021-07-27T06:47:08Z
dc.date.issued 2020
dc.identifier.other skp40292
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/11822
dc.description 24116 - FE en_US
dc.description.abstract Perempuan dan pembalut. Kedua hal ini tentu sudah tidak asing lagi dan jelas kita ketahui bagaimana 1 dengan yang lainnya saling membutuhkan. Pembalut merupakan kebutuhan utama kaum perempuan saat mereka mengalami “halangan” atau sering disebut datang bulan. Sebagai ‘pelindung’, kaum perempuan tentu menginginkan pembalut yang nyaman, aman dari kebocoran, dan juga terjamin kebersihannya serta praktis saat digunakan. Maka dari itu inovasi-inovasi akan pembalut ini baik dari bentuk, warna, serta ukuran dan ketebalan bahan perlu untuk terus diperhatikan dan dikembangkan menjadi semakin baik sesuai dengan kebutuhan kaum perempuan sekarang ini. Softex sebagaimana kita ketahui merupakan suatu brand pembalut yang muncul sebagai pelopor utama pembalut bagi wanita di Indonesia (1980). Awal kemunculan Softex ini hampir tidak ada bandingannya karena kualitasnya dan juga tagline yang ada yaitu “Karena Wanita Ingin Dimengerti.” Namun keadaan pangsa pasar Softex dari tahun ke tahun ternyata mengalami naik turun dengan semakin banyaknya juga merek-merek pembalut baru yang muncul sebagai pesaingnya seperti Laurier, Charm, Kotex, dan yang lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat kepuasan konsumen atas empat komponen quality of product (features, conformance quality, reliability, durability, dan performance) terhadap niat beli ulang konsumen. Kuesioner penelitian ini disebarkan kepada 100 orang responden wanita dengan range usia yang berbeda-beda yang sudah pernah menggunakan Softex. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel reliability tidak berpengaruh secara signifikan. Namun variabel features, conformance quality, durability, dan performance berpengaruh secara signifikan terhadap niat beli ulang. Dilihat dari nilai Adjusted R Square sebesar 0,379 yang dapat diartikan bahwa sebesar 37,9% dari Variabel Y dipengaruhi oleh peubahan dalam variabel independent. Sedangkan sisanya sebesar 62,1% dipengaruhi oleh faktor lain diluar model ini. Maka dari itu, penulis akhirnya dapat menyimpulkan dan memberikan saran yaitu Softex perlu memperhatikan kesan kualitas produk yang dimana ini berkaitan dengan Top of Mind dari konsumen dan perlu dilakukannya penelitian lebih lanjut dengan menggunakan metode dan pengumpulan data lain sehingga dapat meningkatkan terus niat beli ulang konsumen terhadap pembalut wanita merek Softex. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject Customer Satisfaction en_US
dc.subject Quality of Product en_US
dc.subject Features en_US
dc.subject Conformance Quality en_US
dc.subject Reliability en_US
dc.subject Durability en_US
dc.subject Performance en_US
dc.subject Niat Beli Ulang en_US
dc.title Analisis pengaruh tingkat kepuasan konsumen atas features, conformance quality, reliability, durability, dan performance terhadap niat beli ulang pembalut Softex en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2014120120
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0404115401
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI603#Manajemen


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account