Abstract:
Sektor ekonomi kreatif terbukti menjadi sumber dan kekuatan ekonomi baru bagi Indonesia, apalagi di tengah melambatnya harga komoditas dan bahan mentah secara global, sektor ekonomi kreatif mampu memberikan sumbangan yang positif bagi perekonomian Indonesia.
Colugo Books merupakan merek yang menjual produk berupa note book yang dapat kustomisasi. Bentuk promosi yang dilakukan oleh Colugo Books adalah event marketing. untuk meningkatkan penjualan, Colugo Books melakukan event marketing setiap dua bulan sekali berupa bazar yang mengundang tenant – tenant produk lokal lainnya untuk turut serta mengikuti bazar yang diadakan di beberapa café yang ada di kota Bandung.
Event Marketing sebagai bagian dari sales promotion yang mengalami kemajuan pesat. Karakteristik Event Marketing tersebut adalah uniqueness, perishability, intangibility, atmosphere and service, dan personal interaction (Noor, 2009: 13).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penilaian pengunjung atas kemampuan Event Marketing yang diukur dengan dimensi Event Marketing dan tahapan Model AIDA. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Pengujian dalam penelitian ini menggunakan analisa kategorisasi sari statistik deskriptif dengan teknik presentase untuk menunjukkan penilaian pengunjung dari setiap dimensi Event Marketing yaitu uniqueness, perishability, intangibility, atmosphere and service, dan personal interaction juga penilaian pengunjung event marketing diukur dengan rumus AIDA Model.
Hasil penelitian menunjukan secara keseluruhan penilaian Pengunjung atas kemampuan Event Gegambar dalam memenuhi AIDA konsumen produk Colugo Books sudah baik, namun dimensi yang dapat ditingkatkan lagi dengan taraf penilaian cukup baik dari variabel Event Marketing adalah intangibility, atmosphere and service, dan personal interaction, lalu dari variabel AIDA adalah Desire, dan Action.