Abstract:
Pada saat ini banyak masyarakat yang memelihara binatang peliharaan seperti anjing dan kucing sebagai hobby untuk melepas stress. Hobi akan binatang peliharaan telah menjadi sebuah bisnis, karena hal ini lah bisnis pet shop pun mulai bermunculan. Salah satu perusahaan yang berdiri sebagai pet shop di Bandung adalah Suci Pet Shop. Suci Pet Shop berupaya memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan untuk hewan peliharaannya, yaitu memberikan sebuah produk fisik ataupun jasa yang tersedia.
Penelitian ini memfokuskan pada rancangan evaluasi strategi bersaing yang digunakan perusahaan selama ini dengan menggunakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi dan studi dokumen. Wawancara dilakukan dengan pemilik serta karyawan Suci Pet Shop untuk mendapatkan informasi mengenai strategi yang digunakan selama ini. Penulis juga menggunakan tiga teknik Analisa yaitu dilihat dari Strategi Analisis Bersaing, Analisis Internal dan Analisis Eksternal untuk mengetahui apakah strategi yang digunakan selama ini strategi yang terbaik.
Berdasarkan hasil penelitian melalui aspek internal, aspek eksternal dan matriks SWOT yang menunjukan bahwa Suci Pet Shop selama ini menggunakan strategi cost leadership. Penggunaan strategi cost leadership ini terbilang yang cukup baik namun dalam menghadapi persaingan yang semakin meningkat, Strategi bersaing yang relevan untuk diimplementasikan kedepannya adalah best-cost provider strategy. Dengan strategi ini perusahaan Suci Pet Shop mencari keuntungan dengan biaya yang rendah untuk menarik pasar