Abstract:
Setiap orang harus mengakui bahwa perkembangan teknologi telah
mempengaruhi banyak sektor, termasuk sektor bagian keuangan. Setelah metode
pembayaran menggunakan kartu, uang elektronik dipilih sebagai alternatif metode
pembayaran dalam banyak transaksi. OVO adalah salah satu penyedia uang
elektronik populer di Indonesia. OVO menawarkan cara-cara pembayaran yang
lebih nyaman, aman dan lebih praktis. Konsumen hanya perlu menginstal aplikasi
di ponsel mereka dan kredit dapat diisi ulang menggunakan m-banking. Mereka
dapat menggunakan OVO untuk membayar di toko online atau beberapa toko
offline. Selain itu, keuntungan lainnya seperti cash back atau diskon.
Sebagai metode pembayaran yang relatif baru, OVO mungkin akrab bagi
orang, tetapi mungkin tidak selalu menjadi pilihan metode pembayaran. Oleh
karena itu, menarik untuk melakukan penelitian tentang pengaruh motivasi
konsumen pada keputusan pembelian menggunakan OVO sebagai metode
pembayaran. Dalam penelitian ini, motivasi konsumen diukur dengan
menggunakan dimensi motivasi rasional dan emosional, sedangkan untuk
keputusan pembelian, itu diukur dengan menggunakan lima tahap pengambilan
keputusan pembelian
Survey dilakukan dengan membagikan kuesioner kepada 100 responden
yang menggunakan OVO dan berdomisili di Bandung. Hasilnya menunjukkan
bahwa motivasi konsumen dan keputusan pembelian memiliki hubungan yang kuat
dan mengarah ke nilai positif. Analisis uji t menunjukkan bahwa motivasi
konsumen mempengaruhi keputusan pembelian dengan koefisien determinasi
45,3%
Dari hasil penelitian ini diperoleh bahwa motivasi konsumen sangat
mempengaruhi keputusan pembelian, tiga peringkat tertinggi dalam pernyataan
kuisioner adalah manfaat seperti cashback atau diskon, kepraktisan aplikasi, dan
responden ingin aplikasi OVO untuk digunakan di banyak tempat/outlet. Oleh
karena OVO harus memperhatikan apa yang memotivasi konsumen dalam
menggunakan OVO dalam setiap transaksi.