Abstract:
Perusahaan CR:SH merupakan Perusahaan Startup yang dibentuk oleh 4 orang, kemudian menjadi satu tim. Ide bisnis berangkat dari kurangnya konsumsi sayuran di lingkungan sekitar serta CR:SH juga memiliki tujuan untuk mengajak teman-teman bahkan masyarakat Indonesia agar lebih sering mengkonsumsi sayuran dan hidup lebih sehat.
CR:SH memiliki produk utama yaitu abon sayur yang terbuat dari sayur kangkung yang mengutamakan rasa dan tekstur, kemudian diolah menggunakan air fryer, sehingga dapat mengurangi penggunaan minyak berlebih.
Berdasarkan hasil penyebaran kuisioner yang dilakukan kepada 76 responden, hasil yang didapatkan yaitu masih ada orang yang tidak suka mengkonsumsi sayuran karena berbagai macam hal seperti rasanya yang tidak enak atau tidak praktis, selain itu dalam kuisioner yang di sebar, penulis menyelipkan penawaran mengenai produk CR:SH , dan hasilnya menunjukkan bahwa banyak yang tertarik dengan produk CR:SH karena dianggap dapat menjawab keluhan tentang konsumsi sayuran.
Berdasarkan judul penelitian, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran apa yang baik untuk dilakukan oleh perusahaan Startup CR:SH
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dan metode yang digunakan adalah metode penelitian survey. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, uji coba kuisioner, dan wawancara.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang sebaiknya digunakan pada jaman sekarang oleh perusahaan startup CR:SH yaitu melalui media sosial Instagram dan untuk pengembangannya akan mulai memasuki marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Go-food, Grab food.