Abstract:
Indonesia sebagai produsen kopi terbesar keempat, dan juga konsumen dari
kopi. Dimulai dari rasa, validitas, kredibilitas, sampai dengan penyesuaian kopi
tersebut dengan gaya hidup, sehingga mulai menilai kenyamanan kedai yang
menyediakan kopi sesuai dengan yang mereka inginkan. Hal ini memicu
peningkatan jumlah kedai kopi. Peningkatan tersebut menjadi sebuah peluang,
namun persaingan pada industri tersebut juga meningkat. GALA Coffee sebagai
pemain baru pada industri kedai kopi perlu untuk memilih strategi yang tepat untuk
diterapkan.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif analisis dengan tujuan
untuk menyelesaikan masalah dengan cara penggambaran subjek maupun objek
secara sistematis dan akurat. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah
metode studi kasus, dengan cara pemahaman pola pada objek penelitian. Tujuan
penelitian ini merupakan untuk mengkaji serta membahas strategi yang tengah
diterapkan oleh GALA Coffee, serta merumuskan strategi bersaing yang tepat
untuk GALA Coffee. Peneliti menggunakan Matriks IFE, Matriks EFE, Matriks IE,
Matriks GS, dan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) untuk pengolahan
data.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan apabila GALA Coffee
belum menjalani manajemen strategi. Pengambilan keputusan masih diambil oleh
pemilik menggunakan intuisi. Saran strategi alternatif yang dapat dilakukan adalah
penetrasi pasar.