Abstract:
Era globalisasi pada saat ini merupakan salah satu penyebab terjadinya
peningkatan dalam jumlah pelaku bisnis. Akibat peningkatan tersebut, maka tingkat
persaingan semakin meningkat sehingga pelaku bisnis harus melaksanakan
pertumbuhan pada bisnisnya agar tidak kalah dalam persaingan. Salah satu pelaku
bisnis tersebut adalah Vitamin Sea yang merupakan bisnis kuliner seafood dengan
konsep rooftop cafe kekinian yang berbeda dengan pesaingnya.
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif eksploratif dengan menggunakan
metode penelitian studi kasus dengan mencari faktor pendorong pertumbuhan bisnis
menggunakan analisis value chain, lima kekuatan Porter, dan PESTLE, analisis
diferensiasi, penentuan potensi pertumbuhan dan proyeksi pertumbuhan menggunakan
growth rate, dan langkah strategis dalam menghadapi persaingan agar terjadi
sustainable growth menggunakan analisis SWOT, matriks SWOT, IFE dan EFE
matriks, dan penentuan strategi sesuai dengan posisi bisnis.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Vitamin Sea memiliki faktor pendorong
pertumbuhan internal dan faktor pendorong pertumbuhan eksternal bisnis, terdapat
diferensiasi produk dan diferensiasi layanan yang ditawarkan Vitamin Sea yang
dijabarkan berdasarkan masing-masing konten dan konteksnya, terdapat potensi
internal dan potensi eksternal pertumbuhan bisnis serta proyeksi pertumbuhan
penjualan yang ditentukan berdasarkan growth rate sebagai pengukur keberhasilan
realisasi potensi tersebut, dan langkah strategis berdasarkan IFE dan EFE matriks yang
menunjukan bahwa Vitamin Sea berada pada posisi growth and build yang
memerlukan strategi intensif dan strategi integrasi yang sesuai dengan hasil analisis
dan matriks SWOT untuk mendorong pertumbuhan bisnis Vitamin Sea.