Abstract:
Bisnis online merupakan salah satu bisnis yang sedang berkembang pesat di masyarakat, hal in juga didukung oleh perkembangan teknologi dan pola hidup masyarakat yang konsumtif dan serba praktis. Peningkatan jumlah bisnis online terutama pada bidang industri kuliner menimbulkan persaingan yang ketat, oleh sebab itu melalui penelitian ini, peneliti ingin mengetahui bagaimana faktor internal dan eksternal mempengaruhi proses bisnis Just Cake serta strategi yang cocok untuk Just Cake agar dapat meningkatkan daya saingnya dan berkembang.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitis dengan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara terstruktur dan observasi. Data dianalisis menjadi analisis internal untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan yang dimiliki oleh perusahaan dilihat dari fungsi manajemen perusahaan dan analisis eksternal untuk mengetahui peluang dan ancaman dari lingkungan perusahaan dilihat menggunakan Porter’s Five Forces.
Penelitian ini menunjukan bahwa Just Cake untuk saat ini telah melalukan pendekatan strategi fokus dengan cara menawarkan produk dengan bahan baku yang berkualitas dan melalui pelayanan yang diberikan. Untuk meningkatkan daya saing dan agar Just Cake dapat berkembang, penetapan strategi yang akan datang berdasarkan hasil analisis matriks SWOT, peneliti menyarankan untuk menerapkan strategi fokus diferensiasi menurut teori strategi bersaing generik Michael E. Porter.