Abstract:
Peningkatan jumlah perhotelan di Indonesia maka situasi persaingan dalam industri perhotelan akan cukup ketat dan akan diikuti dengan penyerapan tenaga kerja yang banyak, oleh karena itu, dibutuhkan pengendalian untuk tenaga kerja baik yang tenaga kerja baru atau lama agar dapat menjaga dan meningkatkan performa perusahaan. Dalam penelitian ini, Green Forest Resort yang bergerak dalam industri perhotelan harus meningkatkan dan menjaga kualitas yang dimiliki, khususnya untuk staff pemasaran perusahaan yang bertugas dalam melakukan pemasaran dan mencari customer.
Penelitian ini menggunakan teori human resource analytics serta teori information system. Kedua teori tersebut digunakan untuk sebagai dasar untuk rancangan sistem yang telah dibuat.
Penelitian ini menggunakan metode studi deskriptif analitis. Dengan metode penelitian studi kasus. Penelitian ini menggunakan alat bantu dalam menggambarkan proses kegiatan bisnis untuk divisi pemasaran dengan menggunakan BPMN.
Rancangan sistem penilaian untuk staff pemasaran ini mampu untuk mencatat waktu pengumpulan tugas, kelengkapan tugas, dan kesuksesan proposal penawaran. Waktu pengumpulan tugas akan digunakan untuk penilaian kedisiplinan. Kelengkapan tugas dan kesuksesan proposal penawaran akan digunakan untuk penilaian motivasi. Kedua hasil penilaian kedisiplinan dan penilaian motivasi ditambah dengan masa kerja akan menghasilkan nilai loyalitas. Dengan demikian, rancangan sistem penilaian ini diharapkan dapat mendukung Green Forest Resort dalam pengambilan keputusan terkait dengan kinerja staff pemasaran.