Abstract:
Industri kecantikan telah berkembang pesat. Beberapa orang rela mengeluarkan uang untuk perawatan rambut, wajah atau kuku. Minat pasar untuk meningkatkan penampilan telah membuka peluang yang menarik bagi para pelaku bisnis untuk terlibat dalam pasar yang kompetitif. Studi ini diambil Luxe Studio, layanan kecantikan yang berfokus pada wajah dan bulu mata. Luxe Studio dipilih karena layanan rumah yang unik sebagai strategi kompetitifnya..
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kualitatif strategi yang telah digunakan oleh Luxe Studio. Data dikumpulkan dengan melakukan observasi partisipatif, dan wawancara tidak terstruktur. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan Matriks SWOT, Matriks Evaluasi Faktor Internal (IFE), Matriks Evaluasi Faktor Eksternal (EFE), Matriks Internal-Eksternal, Analisis QSPM, Analisis Lingkungan Internal, dan Analisis Lingkungan Eksternal.
emuan mengungkapkan bahwa Luxe Studio menggunakan strategi penetrasi pasar dan strategi fokus biaya. Hasil penelitian, strategi yang digunakan oleh Luxe Studio ternyata efektif. Namun, perlu memiliki langkah strategis lain untuk meningkatkan penjualan dan posisi kompetitif dari Luxe Studio.
Hasil dari Matriks Analisis Internal-Eksternal, Luxe Studio berada di kuadran I yang berada dalam posisi pertumbuhan atau pertumbuhan. Berdasarkan hasil ini, perusahaan disarankan untuk menggunakan strategi rekomendasi yaitu pengembangan pasar. Dengan strategi ini, diharapkan dapat mempertahankan posisi kompetitif saat ini dalam menghadapi persaingan yang ada.