Abstract:
Di zaman modern ini, teknologi bukanlah sesuatu hal yang asing lagi bagi
selurul1 masyarakat di dunia. Perkembangan teknologi yang terus bergerak
mengikuti jalannya wak-tu memi.liki dampak yang sangat jelas dan mempengaruhi
gaya hidup, baik bidang sosial maupun a~pek kehidupan. Dengan meluasnya dan
semakin canggihnya teknologi seiring berjalannya waktu, terdapat beberapa
kendala yaitu dari persaingan pasarnya sendiri, sudut pandang baik dari pebisnis
dan konsumen, kepercayaan konsumen terhadap penjual atau terhadap produk yang
dijual, dan memahami bagaimana keterlibatan antara konsumen dengan penjual
dalam menjual produk.
Fi.rstFashionShop merupakan salah satu online shop yang berada di Kota
Bandung yang berdiri sejak tahun 2014. Online shop ini menjual berbagai macam
pakaian untuk wanita dengan variasi dan wama yang beragam. FirstFashionShop
menawarkan produk dengan harga yang rendah dan kualitas yang baik bagi para
konsumen Penjualan produk FirstFaslnionShop mengalami peningkatan pembelian
pada tahun 2019 yang dapat dilihat pada tabel penjualan.
Berdasarkan hasil survei yang diJakukan penulis kepada 10 responden, hasil
yang didapatkan adalah banyak orang yang memilib untuk melakukan
"engagement» terlebih dahulu, kemudlian muncul perasaan aman dan percaya atau
"trust" terhadap produk-produk dari Fi.rstFashionShop. Tapi hal ini perlu
dibuktikan melalui penelitian tentang pengaruh cusromer engagement dan brand
trust terhadap purchase intemion.
Berdasarkan judul penelitiru1, tujuan penelitian ini adalal1 untuk mengetahui
apakal1 ada pengaruh customer engagement dan brand trust terhadap purchase
intention melalui media sosiallnstagram FirstFashionShop di Bandung
.Ienis penelitiru1 ini adalah penelitian eksplanatori, dan metode yang diglmakan
adalal1 metode penelitian survei. Teknik pengambilan sarnpel dalam penelitian ini
dilakukan dengan teknik pwposil:e sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner
yang d.iberikan kepada 140 respondelll, dan teknik analaisis data yang digunakan
adalal1 regresi linear sederhana dan berg3J1da.
Hasil dari penelitian ini menunju:kk:an customer engagement dan brand trust
berpengarul1 signifikru1 terhadap purchase intention melalui media sosial lnstagram
FirstFashionShop di Bandung.