Strategi pengembangan bisnis start-up CLINK! Cuci Mobil Keliling dalam bentuk waralaba

Show simple item record

dc.contributor.advisor Kornarius, Yoke Pribadi
dc.contributor.author Felix, Marco
dc.date.accessioned 2021-06-14T07:04:26Z
dc.date.available 2021-06-14T07:04:26Z
dc.date.issued 2020
dc.identifier.other skp39978
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/11559
dc.description 9308 - FISIP en_US
dc.description.abstract CLINK! “Cuci Mobil Keliling” merupakan salah satu bisnis Start-up yang bergerak dibidang jasa cuci mobil keliling. Berdirinya CLINK! didasari oleh kerangka berpikir yang dilakukan oleh pendiri, yaitu Empathize, Define, Ideate, Prototype, dan Test. Sehingga diperoleh bahwa terdapat permasalahan terkait keterbatasan waktu bagi para pemilik kendaraan untuk mencuci mobilnya. Maka dari itu, pendiri CLINK! mengembangkan solusi berupa layanan jasa cuci mobil keliling. Bisnis CLINK! mulai beroperasional di Kota Bandung pada tanggal 15 Januari 2020. CLINK! memiliki rencana untuk melakukan pengembangan di masa mendatang ke seluruh kota-kota di Indonesia. Oleh karena itu, diperlukan pengumpulan data melalui metode wawancara bebas dengan konsumen untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan internal CLINK! dari sudut pandang eksternal. Selain itu, dilakukan juga analisis Five Forces Porter’s Model untuk mengetahui lima kekuatan kompetitif pada industri cuci mobil. Kemudian data tersebut diolah menggunakan metode Analisis SWOT untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan dari internal perusahaan. Setelah tahap tersebut, selanjutnya proses mengkombinasikan Kekuatan dengan Peluang (SO). Kekuatan dengan Tantangan (ST), Kelemahan dengan Peluang (WO), dan Kelemahan dengan Tantangan (WT). Metode ini dilakukan agar mendapatkan dasar bagi pengembangan CLINK! ke depannya. Rencana pengembangan yang dilakukan adalah penambahan area operasional dengan menawarkan investor untuk berinvestasi dengan dua model investasi, yaitu franchise dan kerjasama management. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - UNPAR en_US
dc.subject Rencana pengembangan bisnis en_US
dc.subject bisnis start-up en_US
dc.subject cuci mobil keliling en_US
dc.title Strategi pengembangan bisnis start-up CLINK! Cuci Mobil Keliling dalam bentuk waralaba en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2016320019
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0421128401
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI608#Ilmu Administrasi Bisnis


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account