Abstract:
CLINK! “Cuci Mobil Keliling” merupakan salah satu bisnis Start-up yang
bergerak dibidang jasa cuci mobil keliling. Berdirinya CLINK! didasari oleh
kerangka berpikir yang dilakukan oleh pendiri, yaitu Empathize, Define, Ideate,
Prototype, dan Test. Sehingga diperoleh bahwa terdapat permasalahan terkait
keterbatasan waktu bagi para pemilik kendaraan untuk mencuci mobilnya. Maka
dari itu, pendiri CLINK! mengembangkan solusi berupa layanan jasa cuci mobil
keliling.
Bisnis CLINK! mulai beroperasional di Kota Bandung pada tanggal 15
Januari 2020. CLINK! memiliki rencana untuk melakukan pengembangan di masa
mendatang ke seluruh kota-kota di Indonesia. Oleh karena itu, diperlukan
pengumpulan data melalui metode wawancara bebas dengan konsumen untuk
mengetahui kekuatan dan kelemahan internal CLINK! dari sudut pandang
eksternal. Selain itu, dilakukan juga analisis Five Forces Porter’s Model untuk
mengetahui lima kekuatan kompetitif pada industri cuci mobil. Kemudian data
tersebut diolah menggunakan metode Analisis SWOT untuk mengetahui kekuatan
dan kelemahan dari internal perusahaan. Setelah tahap tersebut, selanjutnya proses
mengkombinasikan Kekuatan dengan Peluang (SO). Kekuatan dengan Tantangan
(ST), Kelemahan dengan Peluang (WO), dan Kelemahan dengan Tantangan (WT).
Metode ini dilakukan agar mendapatkan dasar bagi pengembangan CLINK! ke
depannya.
Rencana pengembangan yang dilakukan adalah penambahan area
operasional dengan menawarkan investor untuk berinvestasi dengan dua model
investasi, yaitu franchise dan kerjasama management.