Abstract:
Ketatnya persaingan di dalam industri kuliner khususnya pada bidang kedai
kopi, mengharuskan setiap perusahaan untuk memiliki strategi untuk tetap bertahan
pada industri ini. Kopi Warga merupakan salah satu kedai kopi yang ikut bersaing
dengan menggunakan fokus diferensiasi sebagai strategi bersaingnya. Kopi Warga
memiliki kemampuan yang bisa dikembangkan untuk menghadapi ketatnya
persaingan industri kedai kopi sekarang.
Penelitian ini dilakukan dengan mempelajari fenomena yang terjadi dan
melakukan konfirmasi dengan pemilik Kopi Warga. Analisis fenomena yang ada
dilakukan dengan menggunakan analisis Porter’s 5 Forces serta analisis fungsi
bisnis. Kemudian analisis fenomena disimpulkan dengan analisis kelebihan,
kekurangan, peluang, dan ancaman (SWOT) bagi perusahaan. Penelitian ini juga
bertujuan untuk mengusulkan pengembangan yang dapat dilakukan untuk
menjalankan strategi bersaing di masa yang akan datang.
Penelitian ini menunjukkan bahwa strategi fokus diferensiasi yang
diterapkan oleh Kopi Warga tidak sejalan dengan lingkungan persaingan yang
terjadi. Usulan strategi yang dapat diterapkan oleh perusahaan adalah strategi
diferensiasi dengan memprioritaskan pengembangan aspek pemasarannya.