Analisis strategi inovasi pada PT. Esatama Abadi

Show simple item record

dc.contributor.advisor Gunawan, Theresia
dc.contributor.author Rundengan, Evander Alfredo
dc.date.accessioned 2021-06-14T03:38:33Z
dc.date.available 2021-06-14T03:38:33Z
dc.date.issued 2020
dc.identifier.other skp39969
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/11549
dc.description 9299 - FISIP en_US
dc.description.abstract Selama ini, yang menjadi penyumbang terbesar dalam PDB nasional di Indonesia berasal dari industri manufaktur. Meskipun begitu, akhir-akhir ini pertumbuhan industri manufaktur terlihat merosot seiringan dengan melemahnya pertumbuhan ekonomi di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir. Ditambah lagi dengan adanya perkembangan teknologi yang cukup pesat, mengharuskan perusahaan mengambil langkah strategis untuk beradaptasi dengan tren tersebut agar bisa bertahan di pasar. Dalam penelitian ini, peneliti akan menganalisis strategi inovasi salah satu perusahaan manufaktur, yaitu PT. Esatama Abadi. Tujuan penelitian ini antara lain untuk mengetahui inovasi apa saja yang dilakukan perusahaan dan langkah strategis perusahaan sehingga dapat bertahan menghadapi persaingan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitis dengan pendekatan kualitatif. Dalam pengumpulan data, peneliti melakukan studi pustaka untuk landasan teori, serta wawancara dan observasi untuk melakukan analisis. Peneliti melakukan analisis lingkungan internal dan eksternal pada perusahaan dengan analisis fungsi bisnis, Value Chain Analysis, analisis PESTEL, dan Porter’s Five Force Analysis. Lalu berdasarkan hasil analisis lingkungan tersebut, peneliti melakukan Analisis SWOT beserta Matriks SWOT yang dikombinasikan dengan Teknik SCAMPER untuk memformulasikan strategi yang dapat disarankan ke perusahaan. Setelah penelitian dilakukan, peneliti menyimpulkan bahwa inovasi yang selama ini dilakukan PT. Esatama Abadi adalah inovasi dalam aspek pemasaran, proses, dan produk untuk mendukung strategi generik yang digunakan selama ini yaitu Cost Leadership. Adapun beberapa saran yang direkomendasikan peneliti antara lain, memperluas jangkauan pasar, memperbaiki tata kelola perusahaan, melakukan investasi, dan melakukan ekspansi dengan meningkatkan kapasitas produksi. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - UNPAR en_US
dc.subject Strategi Inovasi en_US
dc.subject analisis PESTEL en_US
dc.subject Analisis Five Forces en_US
dc.subject Analisis SWOT en_US
dc.subject Matriks SWOT en_US
dc.title Analisis strategi inovasi pada PT. Esatama Abadi en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2015320163
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0410087801
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI608#Ilmu Administrasi Bisnis


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account