Abstract:
Selama ini, yang menjadi penyumbang terbesar dalam PDB nasional di
Indonesia berasal dari industri manufaktur. Meskipun begitu, akhir-akhir ini
pertumbuhan industri manufaktur terlihat merosot seiringan dengan melemahnya
pertumbuhan ekonomi di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir. Ditambah lagi
dengan adanya perkembangan teknologi yang cukup pesat, mengharuskan
perusahaan mengambil langkah strategis untuk beradaptasi dengan tren tersebut
agar bisa bertahan di pasar. Dalam penelitian ini, peneliti akan menganalisis strategi
inovasi salah satu perusahaan manufaktur, yaitu PT. Esatama Abadi. Tujuan
penelitian ini antara lain untuk mengetahui inovasi apa saja yang dilakukan
perusahaan dan langkah strategis perusahaan sehingga dapat bertahan menghadapi
persaingan.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitis dengan pendekatan
kualitatif. Dalam pengumpulan data, peneliti melakukan studi pustaka untuk
landasan teori, serta wawancara dan observasi untuk melakukan analisis. Peneliti
melakukan analisis lingkungan internal dan eksternal pada perusahaan dengan
analisis fungsi bisnis, Value Chain Analysis, analisis PESTEL, dan Porter’s Five
Force Analysis. Lalu berdasarkan hasil analisis lingkungan tersebut, peneliti
melakukan Analisis SWOT beserta Matriks SWOT yang dikombinasikan dengan
Teknik SCAMPER untuk memformulasikan strategi yang dapat disarankan ke
perusahaan.
Setelah penelitian dilakukan, peneliti menyimpulkan bahwa inovasi yang
selama ini dilakukan PT. Esatama Abadi adalah inovasi dalam aspek pemasaran,
proses, dan produk untuk mendukung strategi generik yang digunakan selama ini
yaitu Cost Leadership. Adapun beberapa saran yang direkomendasikan peneliti
antara lain, memperluas jangkauan pasar, memperbaiki tata kelola perusahaan,
melakukan investasi, dan melakukan ekspansi dengan meningkatkan kapasitas
produksi.