Abstract:
Di Indonesia pertumbuhan coffee shop diprediksi mencapai 15% - 20%
pada tahun 2019, hal ini ditunjukkan pada pertumbuhan sejak tahun 2018
yang mengalami peningkatan. Dengan meningkatnya konsumsi masyarakat
Indonesia terhadap kopi, dapat dilihat pada situs Zomato bahwa di bandung
sendiri terdapat 591 coffee shop. Salah satu coffee shop di Bandung adalah
Stream Coffee 2.0 Bandung.
Berdasarkan judul penelitian, tujuan penelitian ini adalah untuk
mengukur pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan di
Stream Coffee 2.0 Bandung dan mengevaluasi pengaruh kualitas pelayanan
terhadap loyalitas pelanggan di Stream Coffee 2.0 Bandung.
Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian asosiatif dan
metode penelitian yang digunakan adalah metode survei. Teknik yang
dilakukan dalam penelitian ini dilakukan dengan cara memperoleh data,
dipelajari dan ditarik kesimpulannya oleh penulis dengan menyebarkan
kuesioner dan wawancara kepada 100 responden. Penulis juga melakukan
observasi guna menambah keakuratan penelitian.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kualitas pelayanan
mempengaruhi loyalitas pelanggan pada Stream Coffee 2.0 Bandung,
dengan memiliki tingkat hubungan yang sedang dengan nilai koefisien
korelasi sebesar 0,560 dan nilai koefisien determinasi sebesar 31,36%.
Berdasarkan kesimpulan tabel peringkat tanggapan responden, terdapat 3
pernyataan kualitas pelayanan dengan peringkat tertinggi yang harus
dipertahankan dan 3 pernyataan dengan peringkat terendah yang perlu
diperbaiki agar Stream Coffee 2.0 Bandung dapat berkembang lebih baik
sehingga berdampak terhadap loyalitas pelanggan.