Abstract:
Sektor pariwisata adalah salah satu sumber utama pendapatan negara, dan
Indonesia memiliki potensi besar untuk itu. Tujuan wisata di Indonesia umumnya
tidak hanya menawarkan kearifan lokal, tetapi juga potensi alam. Sari Ater adalah
salah satu tujuan wisata di Jawa Barat yang telah terkenal sejak lama karena sumber
air panasnya yang dipercaya dapat mengatasi beberapa masalah kesehatan. Terletak
di Kabupaten Subang, hotel Sari Ater harus mampu bersaing dengan para
pesaingnya, oleh karena itu ia juga harus mengelola semua aspek dengan hati-hati
untuk mempertahankan konsumen.
Pelanggan akan mengevaluasi apakah upaya dan biaya untuk mengunjungi
Sari Ater Hotel and Resort layak untuk diberikan untuk mencapai dan
menghabiskan waktu berharga mereka di sana. Jika nilainya tinggi, maka konsumen
mungkin akan mengunjungi tempat itu lagi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan
untuk mengukur pengaruh nilai yang dirasakan terhadap loyalitas pelanggan di Sari
Ater Hotel & Resort. Dalam penelitian ini, Perceived value diukur oleh dimensi
product benefit, services benefit, personnel benefit, image benefit, psychological
cost, energy cost, time cost, monetary cost, nostalgic, aesthetic beauty. Sementara
Loyalitas pelanggan diukur oleh dimensi melakukan pembelian ulang, membeli
produk lain dari produsen yang sama, merekomendasikan kepada orang lain,
menunjukkan kekebalan dari daya tarik pesaing.
Survei ini dilakukan dengan membagikan kuesioner kepada 100 responden
yang pernah berkunjung ke Sari Ater Hotel and Resort. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa perceived value memiliki pengaruh yang signifikan terhadap
loyalitas pelanggan. Dan loyalitas pelanggan dapat menjamin perceived value yang
diterima di Sari Ater Hotel & Resort untuk memastikan pelanggan dapat menikmati
produk atau layanan yang ditawarkan dan konsumen juga loyal dalam
menggunakan produk tersebut.