Abstract:
Kepuasan kerja adalah variabel sikap yang mencerminkan bagaimana perasaan orang tentang pekerjaan mereka secara keseluruhan, serta berbagai aspek pekerjaan. Oleh karena itu, apabila kepuasan kerja rendah akan mengakibatkan kinerja yang buruk dan mempengaruhi kualitas pelayanan kurang baik yang diberikan terhadap konsumen. Sebaliknya, apabila kepuasan kerja tinggi akan mengakibatkan kinerja yang baik dan memberikan kualitas yang baik kepada konsumen. Tujuan dari penelitian yang dilakukan adalah menganalisis kepuasan kerja untuk mengetahui berapa tingkat kepuasan kerja karyawan dan seberapa puas karyawan akan pekerjaanya.
Penelitian ini dilakukan kepada seluruh karyawan Didago Café. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode survey. metode survey dilakukan untuk mengetahui dan memperoleh data yang benar. jenis penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif digunakan untuk mendeskripsikan kejadian dan masalah yang masih terjadi di dalam perusahaan. Teknik penarikan sampel yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah teknik sensus atau sampling total yaitu teknik pengembalian sampel dimana seluruh anggota populasi dijadikan sampel sejumlah 12 karyawan
Kesimpulan dari penelitian ini adalah kepuasan kerja karyawan di Didago Cafe sudah cukup baik, tetapi masih banyak indikator kepuasan kerja yang masih dapat ditingkatkan oleh manajemen Didago Cafe, seperti pada mudah menjalin relasi dengan rekan kerja dalam perusahaan, komunikasi yang terjalin antara atasan dan bawahan, serta saling menghormati antara rekan kerja. Sehingga menjadi perhatian khusus bagi perusahaan untuk meningkatkan semua hal tersebut.